Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan bersama Zumi Zola. (foto istimewa)

Dorong Semakin Banyak, Zumi Zola Harap PLTBG Ringankan Beban Masyarakat

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, Rabu (24/01/2018).
Dalam peresmian itu, Jonan didampingi Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli. Zumi- sapaan Zola Zulkifli- mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung Asian Agri dalam mengembangkan pembangkit ramah lingkungan ini. Bahkan, Asian Agri terus berkoordinasi dengan Pemprov dan Pemkab Jambi.
Zola menuturkan, adanya PLTBG ini bisa meringankan beban masyarakat disekitar. Ia pun berharap di Provinsi Jambi lainnya juga bisa membangun PLTBG yang sama.
“Saya berharap perusahaan lainya bisa seperti ini. Jadi masyarakat bisa memanfaatkanya,” ujarnya.
Kemudian, Jonan mengatakan pengopersian PLTBg merupakan bentuk nyata dukungan sektor swasta atas komitmen Pemerintah Indonesia dalam penciptaan energi baru terbarukan, yang diharapkan dapat mencapai 23 persen di tahun 2025.
“Kementerian ESDM mendukung sepenuhnya komitmen Presiden RI, Joko Widodo terhadap perubahan iklim yang disampaikan pada Conference pf the Parties (COP) Desember 2105 lalu,” kata Jonan.
Lebih jauh dikatakan Jonan, pemerintah mengundang partisipasi dari sektor swasta untuk mulai berinisiatif dan mengambil peran serupa seperti yang dilakukan Asian Agri di Tungkal Ulu Jambi dalam penciptaan energi hijau itu.
Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) berkapasitas 2,2 Megawatt (MM) yang berasal dari limbah kelapa sawit mulai beroperasi di Jambi. Jonan juga meminta supaya pengembang listrik yakni PT Asian Agri menggratiskan listrik tersebut kepada masyarakat setempat
Sementara itu, Head of Operation Asian Agri, Bukit Sanjaya, mengatakan pihaknya mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap inisiatif Asian Agri yang berinvestasi untuk mengolah limbah cair kelapa sawit secara ramah lingkungan.
“Dengan pengoperasian PLTBg ini dapat menghasilkan energi hijau terbarukan,” kata Bukit.
Dia juga menjelaskan, dalam mendukung industri sawit nasional yang berkelanjutan, sejak tahun 2015 Asian Agri telah mengoperasikan PLTBg sebagai bagian dari zero waste (nol limbah) perusahan.
“Ini juga menjadi komitmen nyata terhadap kelestarian lingkungan serta dukungan Asian Agri terhadap penciptaan energi baru terbarukan, yang merupakan salah satu fokus pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM untuk ketahanan energi,” katanya menjelaskan.
Menurut Bukit, pertumbuhan ekonomi dan industri di Jambi juga memerlukan ketersediaan energi dan keberadaan PLTBg Asian Agri sejalan dengan program prioritas pembangunan Provinsi Jambi dalam pemenuhan energi bagi masyarakat dan mendorong perekonomian daerah secara berkesinambungan.(exe)