Bert van Marwijk

Bert van Marwijk Tangani “Socceroos”

JAKARTA (IndependensI.com) – Bert van Marwijk ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Australia untuk Piala Dunia 2018, Kamis (25/1/2018). Federasi Sepakbola Australia (FFA) memilih pelatih asal Belanda itu untuk menggantikan Ange Postecoglou yang mengundurkan diri tahun lalu.

Lambertus van Marwijk – begitu nama lengkapnya – berhasil meloloskan Arab Saudi ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Laki-laki berusia 65 tahun itu meninggalkan Riyadh pada September 2017 karena sengketa kontrak dengan Federasi Sepakbola Saudi.

“Ini adalah kabar yang menggembirakan buat sepakbola Australia. Bert van Marwijk adalah pelatih hebat yang bisa membantu kita meraih sesuatu yang besar dengan tim ini,” kata ketua FFA, Steven Lowy.

Van Marwijk lahir di Deventer, Belanda pada 19 Mei 1952. Dia mengawali kariernya di lapangan hijau sebagai pemain depan dan tengah, dimulai dari Go Ahead Eagels pada 1969. Total dia tampil sebanyak 468 kali di level klub dengan 393 kali di antaranya di kompetisi Eredivisie. Dia hanya sekali memperkuat tim nasional Belanda yaitu pada 1975.

Sejak 1998 Van Marwijk alih profesi menjadi pelatih. Berbagai klub pernah ditanganinya seperti Feyenoord, Borussia Dortmund, dan Hamburger SV. Dia juga pernah melatih tim nasional Belanda pada 2008-2012.