Menteri Basuki Bersama Menko Puan Maharani Akan Resmikan IPLT dan SPAM serta LLTT

Loading

MEDAN (IndependensI.com) – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani , dijadwalkan akan meresmikan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT)  Kota Medan dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)  skala Ibukota Kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai serta Launching Layanan Sambungan Rumah Air Minum Online dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT)  di Kota Medan, Jumat (26/1/2018).

Pembangunan IPLT dan SPAM IKK  dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Medan, pada tahun 2016 hingga 2017.

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 m3 perhari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

Untuk Pembangunan SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter per detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

Untuk diketahui bahwa capaian sanitasi di Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 76,37 persen. Sedangkan akses air minum mencapai 72,04 persen.

Pemerintah Pusat Melalui Kementerian PUPR berharap agar Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai mampu untuk menjamin keberlanjutan infrastruktur IPLT dan SPAM IKK yang telah terbangun melalui langkah-langkah strategis, antara lain penambahan akses baik sambungan air minum maupun pelayanan pengurasan tangki septik, perbaikan kualitas tangki septik di tingkat rumah tangga, dan inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses sanitasi dan air minum.