Peresmian jembatan bantuan Pemprov DKI oleh Muspida Kota Bekasi dan Asisten Pemerintahan DKI. (ist)

Gamal Sinurat: DKI Bantu Bekasi Lihat Kepentingan dan Prioritas

BEKASI (IndependensI.com)- Sebagai daerah mitra, Pemkot Bekasi tetap berharap kepada Pemprov DKI Jakarta memberikan kontribusi dalam pembangunan. Kontribusi itu boleh berupa bantuan dana dan fisik bangunan.

“Jadi apa yang sudah dibangun oleh Pak Presiden  Joko Widodo pada saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, merubah daerah penyangga menjadi daerah mitra, menghasilkan suatu proses pembangunan infrastruktur untuk Pemerintah Kota Bekasi yang luar biasa sehingga Kota Bekasi dapat memecahkan persoalan yang ada.”

Penjelasan itu diungkapkan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat peresmian duplikat jembatan Jatiwaringin di perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta Timur, kemarin.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Gamal Sinurat, mengungkapkan sebagai mitra tentunya pihaknya sama-sama saling ketergantunga.  Untuk itu kerjasamanya yang akan terus ditingkatkan dan tentunya masih banyak lagi proyek-proyek yang akan kita koordinasikan.

“Tentunya akan lihat dari kepentingan dan tingkat prioritasnya,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Kota Bekasi Tri Adhianto dalam laporannya menyebutkan,  pembangunan duplikasi jembatan Jatiwaringin sepanjang  118 meter dan lebar 12 meter di atas jalan tol Jakarta-Cikampek  untuk mengurai salah satu titik macet dari 19 titik macet yang ada di Kota Bekasi.

Disebutkan, jembatan itu merupakan duplikasi kedua setelah jembatan yang di bangun di Bekasi Timur.  Masih ada tiga lagi duplikasi yang akan dibangun yaitu di Kemang, Jatibening dan Bekasi Timur Mitra Keluarga, ujarnya

Pembangunan ini  tahap kedua. Tahap pertama dibiayai dari APBD Kota Bekasi sebesar Rp 8 miliar, dan tahun kedua dibiayai seluruhnya  bantuan dari Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 45 miliar.

Pasa tahap ketiga nanti, Pemkot Bekasi berharap Pempron DKI Jakarta  melakukan pelebaran jalan di wilayah DKI Jakarta sepanjang Jalan Jatiwaringin.

Demikian juga Pemkot Bekasi  akan melakukan pelebaran, sehingga Jalan Jatiwaringi akan dilebarkan dua meter kekiri dan dua meter ke kanan. Sebab jalan tersebut salah satu pintu gerbang masuk dari Jakarta ke Kota Bekasi. (jonder sihotang)