Kang Maman : Majalengka Akan Menjadi Tuan Rumah Festival Level Nasional

JAKARTA (Independensi.com) – Kandidat Bupati Majalengka, Maman Imanulhaq, berjanji akan menggelar berbagai festival seni dan budaya bertaraf nasional di Majalengka, jika dirinya terpilih pada Pilkada 27 Juni nanti.

“Festival level nasional itu bukan hanya membuat Majalengka menjadi dikenal, tapi juga punya efek positif bagi perekonomian Majalengka,” katanya, seusai menghadiri pembukaan FESTInFest di Kementrian Pariwisata, Jakarta, Selasa 30 Januari 2018.

Anggota DPR RI itu menjelaskan, beragam festival berkelas akan mengundang banyak wisatawan berkunjung ke Majalengka. Beroperasinya Bandara Internasonal Jawa Barat (BIJB) nanti akan semakin memudahkan akses bagi turis yang akan melancong ke Majalengka.

“Wisatawan itu membelanjakan uangnya di Majalengka.Mereka menginap, makan, belanja oleh – oleh dan seterusnya. Jadi, petekonomian Majalengka bergulir,” kata Kang Maman, panggilan akrab Maman Imanulhaq.

Selama ini Kang Maman memang sudah ‘akrab’ dengan festival seni dan budaya. Pondok Pesantren Al Mizan ,Jatiwangi, Majalengka, yang diasuhnya saban tahun menggelar festival yang diberi nama Festival Al Mizan.

Tahun lalu, Festival Al Mizan digelar pada 27 dan 28 Mei mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata. Pengunjung festival disuguhi beragam pertunjukkan antara lain pagelaran kolosal Wayang Ajen dan Wayang Kulit Indramayu, Ritual Bakar Tanah, Konser Musik Tanah Liat, Karnaval Dongdang & Bedug Dulag, Parade Seni Budaya Lokal dan Pagelaran Seni Santri Nusantara.

Tahun ini, Ponpes Al Mizan, akan menggelar Festival Musik Sufi ( Al Mizan Sufi Music Festival) pada 1-4 Juli mendatang. “Festival ini masuk dalam 100 Wonder Calender of Event yang ditetapkan Kementerian Pariwisata,” kata Kang Maman.

Karena masuk dalam 100 Wonder Calender of Event, Festival Musik Sufi Al Mizan dipromosikan Kementerian Pariwisata ke penjuru dunia. “Jadi kita, Majalengka harus siap kalau kedatangan banyak wisatawan,” kata Kang Maman. (Putra)