Polres Majalengka Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018

Loading

MAJALENGKA (Independensi.com) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, dalam waktu dekat lagi akan dihelat. Jajaran Polres Majalengka menggelar simulasi terkait pesta demokrasi Lima tahunan tersebut.

Dalam simulasi itu, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar dan Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, diskenariokan terjadi kekacauan. Aksi kerusuhan pun terjadi.

Di halaman Mapolres Majalengka diwarnai lemparan batu oleh pendemo. Mereka berorasi dan terlibat dorong-mendorong dengan petugas, pada Sabtu (3/2/2018).

Kapolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad, mengatakan simulasi dilaksanakan ini dimulai dari pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) hingga dilanjutkan dengan sistem pengamanan untuk penanganan massa yang menolak hasil penghitungan di TPS.

Selanjutnya, kata kapolres, pengamanan aksi massa yang menolak hasil pemilihan di KPUD Majalengka.

“Pengamanan dilakukan dalam berbagai tahap mulai dari kondisi tenang, ricuh hingga tindakan anarkis akibat menolak hasil pemilu yang telah dilakukan,” ucap AKBP Noviana.

Menurut Kapolres, simulasi ini sebagai bentuk gambaran terburuk dalam Pilkada nanti dan bagaimana cara untuk menghadapinya.

“Ini hanya simulasi antisipasi pengamanan untuk kemungkinan terburuk, mudah-mudahan tidak terjadi yang seperti ini. Jika ada kekurangn simulasi ini kedepannya akan di evaluasi, sehingga dapat menciptakan situasi yang kondusif dalam Pilkada,” paparnya.

Untuk total jumlah personel yang akan dilibatkan pada Pilkada serentak nanti, lanjut kapolres, bahwa pihaknya akan menerjunkan semua kekuatan Polres Majalengka dan dibantu oleh 2/3 dari TNI.

“Kita minta seluruh personel siap dengan segala kemungkinan yang ada. Namun kita berharap Pilkada nanti dapat berjalan dengan baik,” tegas AKBP Noviana.

Sementara itu, Bupati Majalengka, H Sutrisno, yang hadir pada kesempatan tersebut, mengajak masyarakat menciptakan suasana Pilkada aman dan damai untuk menciptakan pesta demokrasi yang berkualitas.

“Saya mengajak warga Majalengka untuk sama-sama menjaga situasi aman dan damai dalam Pilkada serentak 2018 yang akan datang,”pungkasnya. (Putra)