Juergen Klopp
Juergen Klopp. (foto istimewa)

Klopp Kembali Berang

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tak bisa terima hasil imbang yang diperoleh anak asuhnya saat menjamu Tottenham Hotspurs.

Klopp menyalahkan keputusan wasit Jon Moss yang memberikan tendangan penalti pada Spurs. Dalam pertandingan yang berlangsung di Anfield Stadium, Senin (5/2/2018) dinihari, sebenarnya Liverpool menguasai jalannya pertandingan.

Mereka tak perlu menunggu lama untuk menjebol gawang tim tamu karena tiga menit usia pertandingan, Mohamed Salah langsung membuat Liverpool unggul.

Spurs baru bisa menyamakan kedudukan sepuluh menit sebelum waktu normal berakhir melalui Victor Wanyama. Dan Salah membawa kembali The Reds unggul 2-1, ketika detik-detik akhir duel akan berakhir. Sebelum gol itu terjadi atau tepatnya di menit 87, Moss membuat keputusan dengan memberikan hadiah penalti pada Spurs.

Moss beranggapan Harry Kane dilanggar oleh Loris Karius. Padahal dalam tayangan ulang, terlihat sebelum masuk kotak penalti, Kane berada dalam posisi offside. Beruntung penalti ini bisa dimentahkan Karius.

Kontroversi kembali terjadi saat tambahan waktu atau tepatnya di menit 94. Moss lagi-lagi menghukum Liverpool tendangan penalti. Dari penalti inilah Kane bisa menyamakan kedudukan.

Penalti kedua ini pun bisa dibilang terlambat diputuskan. Moss sejatinya tidak melihat langsung Virgil Van Dijk melakukan pelanggaran pada Erik Lamela. Namun setelah bola berada di tengah lapangan, asisten wasit mengatakan bahwa Van Dijk melanggar Lamela.

Dalam tayangan ulang, terlihat bahwa Van Dijk sebenarnya menarik kakinya saat akan menendang bola. Namun Lamela kemudian melompat dan terjatuh seolah-olah sudah ditendang dengan kencang oleh bek asal Belanda itu. Insiden inilah yang membuat Klopp berang.

“Saya marah, tapi tidak bisa mengubah keadaan jadi apa pekerjaan saya? Membuat berita utama? Membayar denda? Jika saya mengatakan apa yang saya pikirkan saya akan membayar denda terbesar di sepak bola dunia. Itu sama sekali tidak masuk akal (keputusan wasit),” kata Klopp dilansir BBC. 

Kekesalan juga ditumpahkan van Dijk. “Dia melakukan diving. Anda bisa lihat Kane diving dengan jelas dan tidak ada yang membahas soal itu,” tegasnya.(BM/ist)