foto istimewa

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Padat Karya Tunai Kotaku Batu Merah

AMBON (IndepedensI.com)  – Presiden Jokowi tahun 2018 menaruh perhatian khusus pada program  Padat Karya Tunai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berorientasi untuk mendistribusikan uang, membuka lapangan kerja baru dan menaikkan daya beli masyarakat.

Untuk memastikan bahwa progam tersebut tepat sasaran , Presiden Jokowi didampingi  menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018).

 

Pekerjan yang dilakukan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 2,588 km dengan nilai Rp 860 juta dan pembangunan saluran drainase sepanjang 350 meter dengan biaya sebesar Rp 242 juta melalui alokasi anggaran Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR tahun 2018. Sebagian pekerjaan jalan sudah dapat diselesaikan dan dirasakan manfaatnya dimana sebelumnya jalan yang ada berupa tanah yang sulit dilewati apabila terjadi hujan.

 

Jumlah masyarakat setempat yang menjadi pekerja dalam kegiatan tersebut per hari nya sebanyak 120 an orang sehingga akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan akan membantu masyarakat memperoleh penghasilan tetap selama program ini berjalan.

“Sasaran pekerja adalah rumah tangga miskin, pengangguran, semi pengangguran yang akan mendapatkan upah kerja per hari sebesar Rp120 ribu untuk tukang sementara Rp100ribu/hari untuk pekerja, dibayarkan  per minggu.” ujar Basuki.

Turut hadir dalam acara trsebut menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff, sementara dari Kementeria PUPR tampak  Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja dan Kepala BPJN XVI Ambon Satrio Sugeng  Prayitno.