George Groves melayangkan pukulan ke arah Chris Eubank Jr pada perebutan sabuk juara dunia tinju kelas menengah super WBA di Manchester Arena, Manchester, Inggris, Sabtu (17/2/2018). (AFP)

Groves Pertahankan Gelar Juara Dunia

JAKARTA (IndependensI.com) – Georges Groves berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas menengah super WBA untuk kedua kalinya. Petinju Inggris itu mengalahkan rekan senegaranya, Chris Eubank Jr, pada pertarungan di Manchester Arena, Manchester, Sabtu (17/2/2018).

Groves menang angka 117-112, 116-112, dan 115-113. Namun dia tidak bisa merayakan kemenangannya. Dari atas ring, dia dilarikan ke rumah sakit karena cedera tulang bahu di ronde terakhir.

Kemenangan atas Eubank menempatkan Groves di turnamen World Boxing Super Series (WBSS) yang diikuti delapan petinju. Namun dia diragukan tampil di ajang yang akan digelar di O2 Arena, London, pada 2 Juni 2018 karena cedera yang dideritanya.

Pelatihnya, Shane McGuigan, optimistis Groves bisa pulih untuk mengikuti turnamen tersebut.

“Dia mengalami cedera bahu di ronde terakhir. Saat ini kami belum mengetahui keadaannya tapi semoga saja dia bisa segera bertinju lagi,” kata McGuigan seperti dikutip kantor berita AFP, Minggu (18/2/2018) pagi.

“Usai penampilan seperti tadi, dia bisa dibilang sebagai petinju terbaik ke kelas menengah super. Kami menghadapi pertarungan sesuai rencana dan dia menjalankannya dengan sempurna. Kami bisa mengalahkan siapa pun di level yang berbeda. Kami memang agak cemas menghadapi turnamen nanti, tapi kesehatan George Groves amat prima,” kata sang pelatih.

Kalle Sauerland, promotor dan salah satu pencetus WBSS, mengatakan durasi turnamen ini terbatas. “Kami sudah menentukan batas waktu turnamen ini selesai,” katanya.

“Kami akan menunggu hingga Senin. Dengan cedera seperti itu, petinju bisa segera berlatih lagi, jika memang seperti dugaan saya. Tapi tidak ada yang bisa mengetahuinya hingga dia dipindai,” ujar Sauerland.

Sauerland mengatakan jika Groves tidak bisa tampil, Eubank yang akan menggantikannya di putaran final WBSS.

“Dia pasti akan masuk dalam daftar peserta. Keputusan itu akan ditentukan oleh dewan (WBSS). Tapi saya sendiri akan memberikan rekomendasi,” kata Sauerland.

Petinju lain yang sudah masuk putaran final WBSS adalah Callum Smith (Inggris) dan Juergen Braehmer (Jerman). Keduanya akan berhadapan pada semifinal yang akan digelar pada 24 Februari 2018.

 

Kurang Puas

Eubank kurang puas terhadap penilaian juri. “George terlalu sering menanduk saya dan saya tidak tahu kenapa juri tidak mengurangi angkanya,” kata Eubank.

Ayah Eubank, Chris Sr, adalah juara dunia kelas menengah dan menengah super di era 1990an. Dia mengakui keunggulan Groves atas putranya.

“Dia (Junior) tidak tampil bagus. Dia sebenarnya bisa tampil lebih baik lagi. Tapi tadi tidak ada kombinasi pukulan yang bagus dan hanya mengandalkan tenaga. Semoga dia bisa belajar dari kekalahan malam ini,” kata Eubank Sr.

“George bertarung dengan cermat. Dia bisa bertahan dan berkelit. Saat masuk, dia bisa mendaratkan pukulan. Taktik yang sempurna,” ujarnya.

One comment

Comments are closed.