Petinju Inggris, Anthony Joshua (tengah), merayakan kemenangannya atas Joseph Parker asal Selandia Baru (kanan), pada duel unifikasi kelas berat dunia di Stadion Principality, Cardiff, Inggris, Sabtu (31/3/2018). (Foto: AFP)

Joshua Sandingkan Tiga Sabuk Juara Dunia

JAKARTA (IndependensI.com) – Anthony Joshua berhasil menyandingkan tiga sabuk juara dunia. Petinju Inggris itu menang angka atas Joseph Parker (Selandia Baru) pada duel unifikasi kelas berat dunia di Cardiff, Inggris, Sabtu (31/3/2018) malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Joshua memenangi pertarungan 12 ronde itu dengan keunggulan mutlak. Ketiga hakim sepakat menyatakannya unggul atas Parker dengan penilaian 118-110, 118-110, dan 119-109.

Kemenangan ini memperpanjang rekor sempurna Joshua di atas ring. Juara Olimpiade London 2012 itu mencatatkan 21 kemenangan dalam 21 duel. Namun untuk pertama kalinya dia gagal membuat lawannya knockout.

Joshua pun menambah koleksi sabuk juara dunianya. Setelah memiliki sabuk juara Federasi Tinju Dunia (IBF) dan Asosiasi Tinju Dunia (WBA), Joshua merebut gelar juara Organisasi Tinju Dunia (WBO) dari Parker.

Buat Parker, kekalahan ini adalah yang pertama dideritanya dalam 25 kali naik ring di tinju profesional.

Pertarungan yang dilangsungkan di Stadion Principality disambut hangat para penggemar tinju profesional. Stadion berkapasitas 78.000 penonton itu terisi penuh. Publik memang sudah menunggu-nunggu pertemuan dua juara kelas berat tak terkalahkan ini di Inggris untuk pertama kalinya.

Kemenangan ini memperbesar peluang Joshua untuk menantang Deontay Wilder, petinju Amerika yang memegang sabuk juara dunia kelas berat versi Dewan Tinju Dunia (WBC).