Menhub Budi Karya: Dipo KA Cipinang Beroperasi Oktober 2018

JAKARTA (IndependensI.com)  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Dipo Kereta Api Cipinang, Jakarta Timur, Minggu,(18/02/2018) guna memastikan fasilitas tersebut bisa selesai tepat waktu yakni agar dapat beroperasi Oktober 2018.

Menhub Budi  Karya di Stasiun Cakung, Jakarta  mengatakan, rencana selesai Oktober 2018. “Fasilitas dipo kereta api di Cipinang berfungsi sebagai tempat pemeriksaan kelaikan kereta” tambah  Budi Karya.

Menurut Menhub Budi Karya, kereta yang berangkat dari Jakarta harus terlebih dahulu diperiksa di dipo tersebut nantinya sebelum kembali mengangkut penumpang.

“Jadi krunya bisa istirahat, keretanya bisa diperiksa, begitu juga lokomotifnya,” ujar Bud Karyai.

Menhub  menuturkan kapasitas Dipo Cipinang akan dua kali lebih besar dibandingkan dipo di Jatinegara. Dengan area yang lebih luas, diharapkan keamanan dan kenyamanan sarana perkeretaapian dapat lebih terjaga.

“Jadi leluasa sekali dan relatif semua kereta api diperiksa di situ. Artinya ‘safety’ (keselamatan) sarana kereta api juga akan lebih terjaga,” pungkas Budi Karya.

Proyek pembangunan Dipo Cipinang beriringan dengan pembangunan “double double track” (DDT) Manggarai-Cikarang yang selesai secara bertahap hingga 2022.

Dengan adanya dipo baru beserta dukungan DDT yang membedakan antara jalur kereta api dalam dan luar kota, diharapkan adanya peningkatan produktivitas lalu lintas perkeretaapian di masa mendatang.