Bupati Rokan Hulu H Sukiman

Presiden Akan Berkunjung ke Riau 8-9 Maret

PEKANBARU (IndependensI.com) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Riau awal Maret 2018. Kepastian itu diperoleh dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, kata Muhammad Firdaus – Kepala Biro Humas Setdaprov Riau menjawab pertanyaan IndependensI.com Rabu (28/2/2018).

Jadwal kunjungan Presiden Jokowi ke Riau, sudah beberapa kali berobah. Tadinya jadwal yang diterima, Presiden akan datang tanggal 1-2 Maret 2018. Namun setelah dikonfirmasi kembali, jadwal itu berobah dan dipastikan jadi tanggal 8-9 Maret 2018. Sebagaimana disampaikan Plt Gubri, menurut informasi yang diperoleh dari Sekretariat Negara, Presiden akan berkunjung tanggal 8-9 Maret.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau ini menjelaskan, adapun agenda Presiden Joko Widodo biasa dipanggil Jokowi di Riau antara lain, melakukan launching replanting kebun kelapa sawit milik masyarakat di Kecamatan Kunto Darusalam – Kabupaten Rokan Hulu, Riau seluas 30 ribu hektare.

Selain me-launching replanting kebun kelapa sawit, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan penyerahan sertifikat tanah kepada warga masyarakat sebanyak 6000 sertifikat. Seyogianya Presiden akan berkunjung ke Riau pada bulan Januari 2018 lalu, namun karena padatnya tugas kenegaraan, maka di undur jadi bulan Maret, ujarnya.

Selain ke Kecamatan Kunto Darusalam Kabupaten Rokan Hulu, kata Muhammad Firdaus lagi, Presiden Joko Widodo dijadwalkan juga mengunjungi Kabupaten Kampar dan Kota Dumai. Adapun acara yang akan digelar didaerah tersebut, sama seperti di Rokan Hulu, yaitu pemberian kartu indonesia pintar (KIP), kartu indonesia sehat (KIS) dan penyerahan sertifikat tanah warga.

Ditempat terpisah, H Sukiman Bupati Rokan Hulu saat dihubungi IndependensI melalui telepon selulernya Rabu (28/2) siang menyatakan, telah siap menerima kunjungan Presiden RI di daerahnya. Pada awalnya, Presiden Jokowi direncanakan akan berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu pada bulan lalu seusai kunjungan dari Sumatera Barat. Namun karena masih ada tugas negara yang lebih penting, maka kunjungan itu diundur.

Segala keperluan terkait acara penyambutan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Rokan Hulu, sudah siap. Masyarakat Rohul sudah tak sabar menunggu hari H kedatangan Presiden di daerah yang dijuluki negeri seribu suluk itu. “Mudah-mudahan sesuai jadwal yang kami terima tanggal 8-9 Maret 2018, Presiden Jokowi beserta rombongan sudah tiba di Kunto Darusalam-Rohul”, kata Sukiman lagi. (Maurit Simanungkalit)