Calon Bupati Majalengka, Maman Imanulhaq (kiri) berbincang dengan salah seorang warga

Pembangunan Desa Program Prioritas Pasangan Maman-Jefry

MAJALENGKA (Independensi.com) – Calon Bupati Majalengka, Maman Imanulhaq mengatakan pembangunan desa akan menjadi prioritas. Ia bahkan berjanji jika terpilih memimpin Kabupaten Majalengka bersama Jefry Romdonny, akan memberi otoritas seluas-luasnya pada pemerintah desa untuk memajukan wilayahnya.

“Pembangunan bangsa harus dimulai dari desa'” ujarnya seusai berdialog dengan tokoh masyarakat dan warga Tanjungsari, Kecamatan Sukahaji, Majalengka, Kamis (1/3/2018).

Calon bupati nomor urut 1 itu Kamis malam menginap di rumah tokoh masyarakat Tanjungsari, Tasrip. Menginap atau ngendong di rumah warga saban Kamis adalah program Maman Imanulhaq untuk menyerap aspirasi warga.

Dalam dialog dengan warga Tanjungsari, ia mendapat masukan dan keluhan perihal banyaknya hambatan untuk memajukan desa.

Merespon soal itu, Kang Maman, panggilan akrab Maman Imanulhaq, menegaskan, pemerintahannya nanti justru akan mendorong pemerintah atau aparat desa menggali dan mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya. “Jadi desa akan memiliki keunggulan masing – masing, ” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Kang Maman menambahkan, pihaknya akan memberi otoritas pada pemerintah desa dalam mensejahterakan rakyatnya, sejak dari perencanaan. “Prinsipnya bottom up. Karena mereka yang lebih tahu. Kepala Dinas nggak boleh sok tahu. Yang paham persoalan di desa ya pemerintah desa,” ujar dia.

Terkait anggaran pembangunan desa, Kang Maman memastikan di pemerintahanya nanti tidak ada pihak manapun yang mempersulit pencariannya “dana – dana yang diperuntukkan bagi desa, dari pos manapun tidak akan ada yang menggambat,” katanya.

Ngendong di desa Tanjungsari, Sukahaji merupakan kali kedua Kang Maman menginap di rumah warga. Sebelumnya, Kamis pekan lalu ia ngendong di rumah tokoh masyarakat desa Mekarwangi, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka. (Putra Fernando)