Pjs Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah tinjau lokasi banjir di Sisi Kali Bekasi. (humas)

Korban Banjir Enggan Pindah

BEKASI (IndependensI.com)-   Pejabat sementara (Pjs)  Wali Kota Bekasi  R Ruddy Gandakusumah menginstruksikan jajarannya agar tanggap bencana dan membantu warga semaksimal mungkin.  Bantuan dilakukan sejak warga terkena banjir hingga menyediakan posko kesehatan untuk warga.

“Warga dibantu untuk kesehatan dan dampingi. Keberadaan kita hadir selaku aparatur ada di tengah warga yang terkena musibah seperti ini,” ucap Ruddy saat meninjau lokasi banjir di pemukiman warga Kampung Lebak RT 06 RW 02 Kelurahan Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara, Minggu (4/3/2018).

Ruddy mengajak warga berdialog menanyakan keinginan untuk pindah memilih lokasi yang aman dari banjir.  Namun masyarakat lebih memilih tetap di lokasi itu.

“Udah nyaman pak. Berpuluh tahun sudah tinggal di sini,  biarpun kena banjir. Paling kita selalu waspada aja kalau musim seperti ini. Seperti perabot sudah diamankan,” ungkap salah seorang ibu, warga RT 06 menjawab Ruddy.

Didampingi Kepala Dinas Sosial Junaedi, Camat Bekasi Utara Lukman, Kapolsek Bekasi Utara dan jajaran BPBD, Pjs Wali Kota sengaja mendatangi warga yang selama ini rumah merekan sering banjir.

Saat itu warga terlihat sibuk membersihkan rumahnya dari lumpur pasca banjir. Banjir disebabkan derasnya air Kali Bekasi yang limpas masuk pemukiman warga sejak tadi malam.

Di RT 06,  Sabtu (3/2/2018) malam sekitar pukul 21.00 WIB, warga  terka banjir dengan ketinggian air 10 sentimeter hingga satu meter  akibat banjir kiriman dari Kabupaten Bogor di Kali Bekasi. (adv/humas/jon)