Ridwan Kamil: Kuliner ‘Empal Gentong’ Cirebon Selalu Bikin Kangen

CIREBON (Independensi.com) – Kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, Cirebon memiliki banyak potensi wisata untuk terus dikembangkan. Salah satunya adalah wisata kuliner yang rasanya khas.

“Kalau ke Cirebon saya selalu mampir ke Empal Gentong H. Apud. Dagingnya enak, empuk, dimasak dengan bumbu yang khas, kaya rempah. Ini makanan pavorit saya kalau sedang ke Cirebon,” ujar Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di Cirebon (6/3/2018).

Karena rasanya yang khas, kata Emil, empal gentong ini bikin kangen. Ditambah harganya murah meriah. “Sudah enak, murah, pasti setiap orang suka,” kata dia.

Dia berharap empal gentong bisa hadir di seluruh tanah air dengan konsep manajemen franchise modern, sehingga makanan khas kota udang ini bisa lebih dikenal lagi. “Makanan lain khas Cirebon, seperti nasi Lengko, nasi jamblang, harus menjadi pilihan wisata kuliner di Cirebon,” kata Kang Emil.

Usai menikmati empal gentong ditengah kegiatan blusukan, Kang Emil bertemu dengan H. Apud, pemilik warung. “Suatu kehormatan Kang Emil datang lagi ke warung saya. Saya sangat senang dikunjungi oleh Kang Emil dan rombongan,” ujarnya.

H. Apud menyatakan, soal rasa empal gentongnya yang bikin orang suka, karena dia menggunakan bahan-bahan pilihan. Misalnya, dagingnya diambil dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) setiap subuh untuk kemudian langsung diolah.

“Bahan-bahannya fresh begitupun rempah- rempahnya,” ujar H. Apud yang warungnya sehari menghabiskan 1 kwintal daging sapi dan 50 kg kambing sehari.

Terkait pencalonannya Kang Emil sebagai calon Jabar satu, H. Apud melihat Kang Emil seorang pemimpin yang berkarakter kuat. “Semoga kalau jadi dia terus merakyat, ngajak rakyatnya bicara dan mendengar keluhan rakyat kecil,” ucap H. Apud.

Usai santap empal gentong, Kang Emil lagi-lagi diserbu warga yang berselfie sambil menetapkan pesan. “Kalau jadi gubernur perhatiin nasib rakyat kecil ya,” kata Agus, 22 tahun usai selfie dengan Kang Emil. (Putra Fernando)