Produk Nugget Ayam Indonesia Tembus Pasar Jepang

BOGOR (Independensi.com)  – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melepas ekspor perdana produk Nugget Ayam ke Jepang hasil produksi dari anak perusahaan PT. Sierad Produce Tbk Gunung Sewu Group, yang berlangsung di halaman parkir PT. Belfoods Jonggol, Bogor, Kamis (22/3/2018).

Mendag berharap dengan diresmikannya ekspor perdana ini, perusahaan-perusahaan yang mengolah dan memproduksi ayam olahan yang telah mendapat persetujuan dan izin dari Pemerintah Jepang dapat segera melakukan tindak lanjutnya.

Mendag juga mengajak para eksportir dan calon eksportir ayam olahan Indonesia agar bersama-sama melakukan pembinaan dengan peternak lokal. Dengan demikian ekspor tidak hanya untuk meningkatkan devisa nasional tetapi juga untuk meningkatkan taraf hidup para peternak ayam Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kanan) saat menerima cindera mata dari CEO PT. Sierad Prudece Tbk Tommy Watimena (kiri) didampingi Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan  Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita di Halaman Parkir PT. Belfoods Jonggol, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/3/2018).

Belfoods merupakan salah satu perusahaan makanan olahan berbasis unggas di Indonesia yang memperoleh sertifikasi kelayakan untuk melakukan ekspor ke Jepang. Kualitas mutu dan standar produksi yang tinggi merupakan salah satu persyaratan utama sertifikasi. Melalui proses audit yang ketat, Belfoods mendapat sertifikasi kelayakan di tahun 2016 untuk melakukan ekspor. Belfoods mulai aktif dalam mengikuti pameran di Jepang seperti FoodEx dan halal Product Expo di Tokyo.

Menteri Perdagangan dengan keberhasilan Belfoods dalam melakukan ekspor perdana ini berkat dukungan penuh Kedutaan Besar RI di Tokyo. Eskpor ini menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia yang menandai pencapaian pengembangan pasar di luar negeri, apalagi Jepang juga terkenal dengan ketatnya atas standar kualitas yang diterapkan.