Seorang pengunjung menggambar tulang tangan menggunakan Apple 9,7 inch dan Apple Pencil dalam acara peluncuran gawai tersebut di Lane Tech College Prep High School di Chicago, AS. (Foto: AFP)

Apple Turunkan Harga iPad

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Apple memperkenalkan aplikasi baru dan tablet berharga murah yang menyasar pasar pendidikan. Langkah ini diambil untuk mengejar ketertinggalan dari Google di bidang teknologi sekolah.

Peluncuran dilakukan di Chicago, Amerika Serikat, Selasa (27/3/2018). Perusahaan yang bermarkas di California itu memperkenalkan jajaran perangkat lunak Everyone Can Create. Perangkat lunak ini memungkinkan para guru memadukan pelajaran yang dibawakannya dengan gambar, musik, pembuatan film, atau fotografi.

Apple juga memperkenalkan Schoolwork, aplikasi baru yang membantu para guru memberikan tugas kepada siswanya dan melihat perkembangan mereka.

Pada kesempatan yang sama, versi baru Apple iPad 9,7 inch. Tablet ini akan dijual mulai dari US$299 untuk sekolah dan US$329 untuk konsumen lain. iPad yang diperbarui itu sudah mendukung penggunaan Apple Pencil – yang dijual seharga US$99 – yang bisa dipakai untuk menggambar atau membuat tulisan tangan.

“Kreativitas memicu keterlibatan yang lebih dalam dari para pelajar. Kami gembira bisa membantu para guru menghadirkan kreativitas itu di ruang kelas,” kata Philip Schiller, wakil presiden senior Apple bidang pemasaran.

Dengan tiga produk baru ini, dia mengatakan, “kami yakin bisa meningkatkan proses belajar-mengajar dan krativitas dengan cara yang bisa dilakukan Apple.”

Apple pernah menjadi pemimpin teknologi sekolah tapi beberapa tahun ini kalah dari Google. Data Futuresource Counsulting menyebutkan bahwa sekitar 60 persen komputer bergerak baru yang dikirimkan ke sekolah-sekolah di AS didukung teknologi buatan Google. Bandingkan dengan porsi Apple yang hanya 12,3 persen.