Foto bertanggal 23 Maret 2018 ini memperlihatkan gerbang masuk pusat pelatihan Independiente di Avellaneda, Buenos Aires, Argentina. (Foto: AFP)

Independiente Dituduh Lacurkan Pemain Belia

JAKARTA (IndependensI.com) – Independiente dituduh melacurkan pemain belia yang berlatih di akademi sepakbola klub raksasa Argentina itu. Skandal ini terungkap setelah dua orang pemain, berusia 17 dan 19 tahun, mengaku disuruh berhubungan seksual dengan laki-laki dewasa di sebuah permukiman papan atas di Buenos Aires.

Jaksa penuntut umum Maria Soledad Garibaldi telah mengajukan permintaan untuk bertemu dengan lebih dari 50 pemain berusia 13-19 tahun yang menghuni asrama klub itu di Avellaneda.

“Dari ilma orang anak laki-laki yang saya temui (pada Senin), tiga orang memberikan saya keterangan,” kata Garibaldi seperti dikutip kantor berita AFP, Jumat (30/3/2018).

“Salah satunya mengaku tidak terjadi apa-apa, tapi mereka mengatakan ada yang berusaha mendekatinya. Anak-anak itu sadar ada sesuatu yang terjadi,” ujarnya.

“Mereka mengatakan bahwa mereka ditawari melakukannya dengan imbalan sepasang sepatu atau pakaian dalam,” kata Garibaldi.

Wasit Martin Bustos dan pengacaranya sudah ditangkap terkait skandal ini. Pengacara Bustos diduga menghancurkan sebuah telepon seluler untuk menghilangkan bukti.

Menurut Garibaldi, ada kemungkinan jaringan prostitusi serupa beroperasi di klub lain. “Saya tidak terlalu kaget dengan hal ini,” kata pelatih Independiente, Ariel Holan.

“Kejadian itu terselubung dan merupakan masalah di masyarakat, sama seperti narkotika, alkohol, dan perdagangan manusia. Masalah itu tidak terbatas di olahraga atau di Independiente,” ujarnya.

Andres Bonicalzi, pengacara yang sering membantu korban pemerkosaan, pemain muda dari daerah lain di luar Buenos Aires, yang tinggal jauh dari keluarganya, adalah orang-orang yang paling rentan terhadap ekploitasi.

“Mereka melihat klub sebagai panutan, mereka melihat para pengasuhnya sebagai ayah. Mereka berada jauh dari ayah kandungnya,” kata Bonicalzi.

“(Para pelaku) telah mengeksploitasi ketidakmatangan mereka sementara anak-anak itu ingin memiliki sesuatu,” ujarnya.

Independiente adalah klub nomor empat peraih gelar juara nasional terbanyak sepanjang sejarah sepakbola Argentina. Klub itu mengoleksi 16 gelar juara nasional di bawah sesama penghuni Buenos Aires yaitu River Plate yang punya 36 trofi. Selanjutnya adalah Boca Juiors dengan 32 gelar dan Racing dengan 17 gelar.

Independiente juga disegani di Amerika Latin dengan tujuh kali menjuarai Copa Libertadores. Klub itu selalu juara setiap kali masuk final.

Sepakbola hanya satu dari beberapa cabang olahraga yang dikelola Independiente. Khusus untuk sepakbola, klub olahraga itu punya akademi untuk mencari pemain muda berbakat dan membinanya menjadi pemain profesional. Independiente juga memiliki pusat pendidikan agar para pemain usia sekolah tidak ketinggalan pelajaran.