Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah terima penghargaan kota sehat 2017.( humas)

Kota Bekasi Kembali Raih Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kota (Pemkot)  Bekasi kembali meraih penghargaan sebagai Kota Sehat atau Swasti Saba tahun 2017. Penghargaan diberikan  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Kota Sehat Tingkat Nasional kategori Wiwerda (3-4 tatanan) tahun 2017 dari penilaian Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Penilaiannya didasarkan pada lingkungan, pola hidup dan partisipasi masyarakat yang mendukung sebuah daerah layak disebut kota/kabupaten sehat.

Sebelumnya tahun  2016, Kota Bekasi juga dianugerahi penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Padapa (1-2 tatanan).

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi  R Ruddy Gandakusumah menerima piagam penghargaan tersebut dan diberikan Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Setda Jawa Barat, Koesmayadi Tatang Padmadinata di Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat, Rabu (11/4/2018).

Ruddy saat penerimaan penghargaan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati dan Bagian Humas Setda Kota Bekasi.

Ruddy mengucapkan rasa syukur atas diraihnya prestasi Kota Bekasi kembali dianugerahi sebagai Kota Sehat dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, prestasi ini hasil kerja keras bersama antara pemerintah dan masyarakat mengingat pentingnya penerapan budaya hidup sehat.

Pemkot Bekasi pun kata Ruddy, akan terus berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat berupa program sosialisasi preventif dan meningkatkan progam pelayanan kesehatan.

“Prestasi atas penilaian pihak pusat jadi penyemangat kita berbuat lebih baik lagi. Semoga tahun-tahun berikutnya kategori lainnya bisa kita raih,” katanya.

Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Setda Jawa Barat, Koesmayadi Tatang Padmadinata mengatakan sebanyak 20 Kabupaten Kota di Jawa Barat meraih Swasti Saba 2017.

Dari keberhasilan kota/kabupaten ini, juga mengantarkan Pemprov Jawa Barat meraih predikat sebagai Provinsi Pembina Kota/Kabupaten Sehat Tingkat Nasional bersama Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemprov Sulawesi Selatan.

Sebagai bentuk apresiasinya, selain memberika piagam, Pemprov Jabar juga memberikan kadeudeuh berupa uang pembinaan kepada Kota/kabupaten yang meraih Swasti Saba 2017.

“Kami mengapresiasi capaian Kota/kabupaten meraih swasti saba atau kota sehat di 2017. Dan semoga dimasa mendatang predikat Kota Sehat bisa diraih semua atau 27 Kabupaten/kota di Jawa Barat ,” kata Koesmayadi. (jonder sihotang)