Tol Jakarta-Tangerang. (Ist)

Senin 16 April, Sistem Ganjil-Genap Diuji Coba di Tol Jakarta-Tangerang

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Besok, Senin (16/4/2018), pemerintah akan menerapkan kebijakan ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Tangerang dan ruas tol Jagorawi. Sistem untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas jalan tersebut ditargetkan bisa efektif pada tahun ini.

Sistem ganjil-genap akan diuji coba di Tol Jakarta-Tangerang akan diberlakukan di pintu Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 arah Jakarta mulai pada pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam uji coba ini pemerintah akan mengidentifikasi dan mengevaluasi sebelum sistem tersebut diterapkan secara permanen, termasuk penyedian fasilitas transportasi publik.

“Yang sudah kami identifikasi, akan kami berlakukan satu jalur untuk bus sehingga mereka-mereka yang tinggal di Tangerang itu akan lebih bagus. Kedua, kami sudah pastikan pukul 06.00-09.00 WIB, kendaraan-kendaraan tiga sumbu ke atas tidak beroperasi,” kata Budi di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Minggu (15/4/2018).

Uji coba ganjil-genap di ruas Tol Jagorawi juga akan mulai diberlakukan pada Senin besok. Kebijakan tersebut akan dilakukan di gerbang Tol Cibubur 2 arah Jakarta.
Kebijakan ini juga diikuti dengan pemberlakukan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU).

Kendaraan berat dan angkutan barang golongan III, IV, dan V juga tidak diizinkan selama sistem ganjil-genap berlaku. (Berbagai sumber/kumparan/eff)