Hiu Datang, Kejuaraan Selancar Ditunda

JAKARTA (IndependensI.com) – Kejuaraan selancar internasional di pantai barat daya Australia ditunda setelah seorang laki-laki diserang hiu, Senin (16/4/2018).

Saksi mata mengatakan korban diseruduk seekor hiu sehingga terjatuh dari papan selancarnya. Laki-laki nahas itu sempat diseret hiu sebelum akhirnya bisa melepaskan diri.

“Saya melihat seorang laki-laki diserang setelah terjatuh dari papan. Dia berhasil melepaskan diri dari serangan hiu dengan berenang dan naik lagi ke papan selancarnya. Setelah itu dia bisa menjauh dari hiu tersebut,” kata saksi mata bernaa Peter Jovic seperti dikutp stasiun televisi Australian Broadcasting Corporation.

“Orang-orang bergegas menariknya ke pantai dan berusaha membantu menghentikan pendarahan,” ujar Jovic.

Petugas St John Ambulance mengatakan bahwa korban, yang berusia 30an, “masih sadar dan bernapas dengan normal selagi luka-luka di kakinya dirawat”. Korban kemudian diterbangkan ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Serangan terjadi sekitar pukul 08.00 waktu setempat atau 07.00 WIB di pantai Cobblestones. Lokasi kejadian tidak jauh dari lokasi kejuaraan internasional Margaret River Pro yang sudah memasuki hari keenam. Kejuaraan itu merupakan bagian dari World Surf League Championship Tour.

Panitia kejuaraan membenarkan adanya serangan hiu di lepas pantai Gracetown, sekitar 260 kilometer arah selatan Perth. Kejuaraan Margaret River Pro pun dihentikan sementara untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Keselamatan para peselancar dan petugas adalah prioritas utama kami. Kami menerapkan protokol mitigasi dan akan terus berjaga-jaga setelah kejuaraan dilanjutkan,” cuit panitia WSL di Twitter.

Juru bicara St John Ambulance mengatakan bahwa korban bukan peserta kejuaraan WSL.

Lomba dimulai lagi sekitar pukul 10.40 waktu setempat. Panitia memantau lokasi kejuaraan dengan bantuan armada drone.