Komisi V DPR-RI Kunker ke Palembang Tinjau Kesiapan Infrastruktur Asian Games

PALEMBANG (IndependensI.com) – Dalam rangka mendukung infrastruktur pendukung Asian Games 2018 di Palembang, Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik pada 18-20 April 2018 yang dipimpin oleh Bapak Ibnu Munzir selaku Wakil Ketua Komisi V DPR RI. Infrastruktur yang ditinjau adalah Light Rail Transit (LRT) dan flyover Keramasan.

Dalam kunjungan tersebut dibahas tentang kondisi lalu lintas di Kota Palembang, pembangunan flyover  dan Jembatan Musi, serta preservasi jalan untuk mendukung Asian Games 2018.

Zamharir Basuni, selaku Kepala BBPJN V Palembang menyampaikan bahwa kondisi lalu lintas di Palembang memiliki rasio volume terhadap kapasitas jalan sebesar 1,2. Artinya, volume kendaraan sudah melampaui kapasitas jalan yang ada.

“Dengan pembangunan jalan tol, tidak mengurangi volume jalan. Maka, sudah diperbaiki dengan adanya beberapa simpul-simpul jalan, antara lain flyover Tanjung Api-Api yang akan selesai di bulan Mei 2018, flyover tersebut akan mengurangi lalu lintas yang padat, terutama di Jalan Sudirman. Sedangkan flyover lainnya adalah Keramasan yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan oleh BBPJN V Palembang di jalur barat dan jalur selatan Jakabaring”, jelasnya pada saat pemaparan.

Selain flyover, pada jalur lintas tengah, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Jembatan Ampera, dibangun pula Jembatan Musi VI yang telah diselesaikan oleh Pemda dan Jembatan Musi IV yang diharapkan bulan Juni 2018 telah selesai. Disamping itu, sedang dilakukan perbaikan jalan di tengah kota yang dilakukan oleh PT. Waskita Karya yang ditargetkan selesai pada bulan Mei 2018. (birkom pu/wasito)