Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Jokowi (tengah) bersama para petani. (foto istimewa)

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Bersaing Lewat Ketahanan Pangan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa Indonesia bakal bisa bersaing dengan beberapa negara maju dengan cara memperkuat ketahanan pangan.

Alasannya, pangan merupakan salah satu komoditas yang bakal dibutuhkan oleh semua negara.

“Pangan akan menjadi salah satu komoditas yang menjadi rebutan negara manapun. Ke depan yang akan menjadi rebutan adalah pangan negara-negara yang tidak memiliki ketahanan pangan dan kedaulatan pangan akan bingung artinya Apa? peran petani akan menjadi semakin penting dan menjadi semakin strategis di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia,” ujar Jokowi di Indramayu, Jawa Barat, Kamis (07/06/2018).

Lebih lanjut Ia menerangkan, bakal memperbaiki keseluruhan sektor pertanian, dalam upaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian sehingga bisa berkompetisi di dunia.

“Sektor pertanian Indonesia mulai dari sekarang, mulai saat ini harus benar-benar memperbaiki diri dan berbenah diri agar produktivitasnya terus meningkat. Ini supaya kita bisa memenangkan persaingan dan kompetisi dunia utamanya di bidang pangan,” paparnya.

Seperti diketahui, pemerintah baru saja meresmikan Program Kewirausahaan dan Digitalisasi Sistem Pertanian sebagai dukungan bagi perbaikan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan petani.

Mitra Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) Bersama atau disebut juga MBB di Sliyeg, Indramayu merupakan salah satu pilot project kewirausahaan petani yang menerapkan sistem digitalisasi pertanian.

Digitalisasi dilakukan dengan sebuah aplikasi “Logistik Tani’/LOGTAN sebagai platform digital yang mengintegrasikan empat siklus pertanian (pratanam, tanam, panen, pasca panen) sehingga akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Jenis layanan MBB antara lain pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR/Non-KUR), penyaluran pupuk dan marketplace holtikultura dengan pelanggan utama petani dan BUMDes.(BM/ist)