Presiden Joko Widodo saat menerima delegasi Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono di Istana Merdeka Jakarta, Senin (25/6). (Ist)

Presiden Ingin Adanya Kemajuan Hubungan RI-Jepang

JAKARTA (Independensi.com) – Presiden Jokowi menginginkan adanya kemajuan dalam hubungan bilateral Indonesia dengan Jepang.

Presiden juga berterima kasih kepada Jepang atas dukungannya terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan PBB 2019-2020.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima delegasi Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono di Istana Merdeka Jakarta, Senin (25/6).

Presiden yang didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Utusan Khusus Indonesia untuk Jepang Rahmat Gobel menerima delegasi Menlu Jepang pada pukul 09.30 WIB di ruang Oval Istana Merdeka.

Untuk itu, Presiden ingin peningkatan kerjasama keduanya lebih baik lagi, utamanya di forum internasional.

Jokowi juga optimistis delegasi Menlu Jepang dan Menlu Indonesia akan membahas mengenai hubungan bilateral secara komprehensif.

“Saya yakin yang mulia akan membahasnya secara komprehensif dengan menteri luar negeri Indonesia dalam pertemuan setelah ini,” kata Kepala Negara.

Pertemuan Presiden dengan delegasi Menlu Jepang berlangsung sekitar 30 menit dan pada pukul 10.00 WIB, Menlu Retno dan Menlu Taro Kano langsung meninggalkan Istana Merdeka langsung ke Kementerian Luar Negeri di Jalan Penjambon Jakarta Pusat untuk melanjutkan pertemuan bilateral.