Anies Baswedan
Anies Baswedan. (foto istimewa)

Pemprov DKI Gratiskan Tiket Masuk Ancol dan Museum

JAKARTA (IndependensI.com) – Bertepatan dengan libur gelaran Pilkada serentak, Pemprov DKI akan mengratiskan tiket masuk untuk Taman Impian Jaya Ancol dan museum.

Ini kado HUT DKI ke 491 yang perayaan puncaknya akan dilakukan dengan parade karnaval pada 8 Juli 2018 mendatang.

Gubernur Anies Baswedan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sengaja tidak menggelar pesta rakyat pada 22 Juni lantaran masyarakat masih banyak yang di kampung halaman untuk mudik, sehingga kondisi Jakarta masih sepi.

“Kita geser ke bulan Juli ketika warga Jakarta semua sudah kembali. Ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (26/62018).

Menurut dia, pemprov tetap menggelar kegiatan untuk merayakan HUT DKI, hanya saja waktunya dimundurkan. Rencananya, acara diselenggarakan tanggal 8 Juli. Konsepnya dikemas dalam pesta rakyat dan karnaval. Namun, Anies belum membeberkan lokasi dan kegiatan tersebut secara rinci.

“Ini menjawab pertanyaan kok tenang-tenang. Ya wong warganya sepi. Bagi mereka yang merasakan tahun Lebaran ya memang pada di kampung,” ujar dia.

Kendati demikian, Anies menuturkan, eforia HUT DKI Jakarta sudah dapat dirasakan masyarakat. Misalnya, Pemprov DKI membebaskan biaya masuk museum – museum yang dikelolanya hari ini (26/6/2018).

Kemudian, bertepatan dengan pemilihan umum daerah (pilkada) serentak besok (27/6/2018), masyarakat bisa masuk secara cuma-cuma ke Taman Impian Jaya Ancol.

“Dalam rangkaian itu, besok di Ancol itu akan kita berikan penggratisan di tempat museum, tempat wisata, itu digratiskan,” kata Anies.(BM/ist)