Pemain Spanyol, Iago Aspas, merayakan golnya bersama Sergio Ramos saat menghadapi Iran pada penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Kaliningrad, Rusia, Selasa (26/6/2018). (Foto: FIFA)

VAR Selamatkan Spanyol

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Spanyol luput dari kekalahan melawan Maroko pada penyisihan terakhir Grup B di Kaliningrad, Rusia, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB. “Tim Matador” selamat setelah asisten wasit video (VAR) mengesahkan gol penyeimbang Iago Aspas yang sebelumnya dianulir karena offside.

Khalid Boutaïb membuat Maroko unggul lebih dulu dengan golnya di menit 14. Keunggulan Maroko bertahan sekitar lima menit hingga Spanyol membalas melalui serangan Isco. Maroko kembali unggul di menit 81 setelah Youssef En-Nesyri menaklukkan kiper Spanyol, David de Gea.

Kira-kira satu menit memasuki injury time, Aspas meneruskan umpan Dani Carvajal untuk menggetarkan jala Maroko. Gol itu awalnya dianulir karena Aspas diduga offside. Namun keputusan tersebut dikoreksi setelah rekaman video memperlihatkan bahwa penyerang Celta Vigo itu onside.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. Spanyol lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B dengan lima poin, sementara Maroko gagal meraih kemenangan bersejarahnya.

Spanyol menjadi tim pertama yang menjadi juara grup dengan lima poin atau kurang setelah Amerika Serikat dan Paraguay di Piala Dunia 2010. Dalam turnamen yang digelar di Afrika Selatan itu, Spanyol meraih Piala Dunia.

Pada pertandingan Grup B lain yang digelar di Mordovia, Portugal hanya imbang 1-1 dengan Iran. Portugal bikin gol lebih dulu melalui serangan Ricardo Quaresma di menit 45. Iran mendapatkan hadiah penalti di menit ketiga injury time setelah pemain Spanyol, Cedric Soares, menyentuh bola dengan tangan. Karim Ansarifard tampil sebagai eksekutor untuk menjebol gawang Spanyol.

Di detik-detik akhir, Mehdi Taremi berpeluang membuat Iran menang. Namun tendangan Taremi melebar dari sasaran.

Portugal maju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai runner-up Grup B. Meski memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Spanyol, Portugal harus puas menempati peringkat dua karena kalah produktivitas gol.

Iran menempati peringkat tiga klasemen akhir dengan empat poin. Maroko mengakhiri penampilannya di Rusia 2018 dengan satu poin.