Raja Sapta Oktohari. (Istimewa)

Tak Ada Kuota Penonton APG

JAKARTA (IndependensI.com) – Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) menyebut tidak ada permintaan kuota penonton difabel Asia dari Komite Paralimpiade Asia (APC) dalam kejuaraan uji coba dan pertandingan utama Asian Para Games 2018. “Sampai saat ini belum ada permintaan itu. Tapi, kami akan menyiapkan jika ada permintaan. Kami menyiasati penonton pertandingan APG dari siswa-siswa sekolah di Jakarta,” kata Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari seperti dikutip dari Antara, Rabu (27/062018).

INAPGOC, lanjut Okto, akan mengerahkan siswa-siswa sekolah di DKI Jakarta untuk turut menonton setiap pertandingan Asian Para Games selain menyediakan area-area khusus untuk menyemarakkan pesta multi-cabang olahraga difabel tingkat Asia itu.

Lebih jauh Okto mengatakan, pihaknya dalam uji coba ini menghadirkan sekitar 2.000 penonton setiap hari yang dibagi pada pagi, siang, dan sore. Selain itu juga akan memaksimalkan promosi agar banyak orang yang mengetahui penyelenggaraan ini. Okto yang juga Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) menambahkan, target promosi di media jejaring sosial dengan menggandeng sejumlah selebritas akan ditingkatkan, sehingga Asian Para Games mendapatkan pengikut sebanyak 30 juta pengguna media sosial.

INAPGOC melibatkan sukarelawan difabel dalam 1.100 sukarelawan dengan tugas sesuai dengan kondisi dan kemampuan mereka. Kejuaraan uji coba Asian Para Games pada Rabu (27/6) hingga Selasa (3/7) menggelar pertandigan lima cabang olahraga yaitu para atletik, para renang, para bulutangkis, tenis meja kursi roda, dan bola basket kursi roda.