Sosialisasi PPDB online SMP Negeri Kota Bekasi di 12 kecamatan oleh Kepala Dinas Pendidikan Ali Fauzie. (humas)

PPDB Online  Kota Bekasi: Hari Ini Bangku Kosong Diumumkan

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Hari ini  Senin (9/7/2018), Dinas Pendidikan Pemkot Bekasi akan mengumumkan bangku kosong, setelah sebelumnya diberikan waktu pendaftaran ulang siswa pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMP Negeri. Kemudian,   Selasa-Kamis (10-12/7/2018, pukul  08.00 WIB sampai 15.00 WIB akan dibuka kembali pendaftaran tahap kedua khusus jalur zonasi.

Hal itu dilakukan  setelah selama tiga hari mulai tanggal 3 sampai 5 Juli 2018, PPDB secara onkine  berjalan baik dan lancar. “Secara keseluruhan dari hari pertama hingga hari ke ketiga penutupan berjalan baik,”ujar Kepala Dinas Pendidikan Ali Fauzi, kemarin.

Kuota penerimaan peserta didik baru di Kota Bekasi untuk SMP Negeri tahun ini sebanyak 14.934 siswa.

Kadisdik mengatakan, selama berlangsungnya PPDB para peserta dapat langsung mengakses website PPDB Kota Bekasi 2018, http: //bekasi.siap-ppdb.com dengan menggunakan nomor pin yang tertera pada kartu ujian peserta.

Terkait PIN yang diberikan Dinas Pendidikan untuk aktipasi pendaftaran masyarakat tidak perlu lagi datang ke sekolah karena sudah bisa langsung login

Dijelaskan Ali, usai keluar hasil seleksi Kamis (5/7/ 2018 pukul 17.00 WIB orangtua siswa wajib melapor ke sekolah yang dituju pada hari Jumat-Sabtu (6-7/7/2018). Jika sampai tanggal tersebut tidak lapor atau daftar ulang, maka dinyatakan mengundurkan diri.

“Pada hari senin (9/7/2018) akan diumumkan bangku kosong dan pada Selasa-Kamis (10-12/7/2018, pukul  08.00 WIB sampai 15.00 WIB akan dibuka kembali pendaftaran tahap kedua khusus jalur zonasi,” katanya.

Dalam membantu warga mendaftar di tahap kedua, Dinas Pendidikan menyediakan operator dari Dinas Sosial dan juga dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk membantu jika ada kesulitan warga perihal pencocokan NIK.

Terkait membludaknya, para calon siswa yang lebih memilih datang langsung ke sekolah tujuan dibanding mendaftar mandiri melalui website PPDB online https://bekasi.siap-ppdb.com, kebanyakan warga yang mendatangi kantor Dinas Pendidikan, lantaran ingin mengurus proses mutasi sekolah ke luar Kota Bekasi.

Sebelum pelaksanaan PPDB online dilangsungkan, Dinas Pendidikan Kota Bekasi melakukan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran 2018/2019 di seluruh kantor kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut pun menghadirkan unsur Tiga Pilar Kecamatan (Tripika), Lurah, Ketua RW, tokoh agama dan pemuda, Kepala UPTD, ormas, Kepala UPTD, pengawas SD dan seluruh Kepala Sekolah serta orangtua yang ada di wilayah kecamatan tersebut.

Dalam sosialisasi yang digelar di 12 kecamatan tersebut, Dinas Pendidikan telah membentuk dan menugaskan tim . “Kami padukan tim dari dinas dan pengawas untuk menjadi narasumber dalam sosialisasi PPDB Online di kantor kecamatan,” terang Ali.

Dengan diberikannya sosialisasi tersebut warga dapat mengerti tentang proses-proses pelaksanaan PPBD online, dan terbukti pelaksaannnya berjalanan dengan baik.

Dinas Pendidikan juga memberikan Call Center PPDB online, 0821-1378-1258 untuk melayani pengaduan masyarakat selama 24 jam, selama proses pelaksanaan berlangsung.

Call Center: 0821-1378-1258. Nomor ini bisa digunakan seluruh masyarakat terkait pelaksanaan PPDB online tahun ini.
Pemerintah Kota Bekasi berkomitmen terus meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bekasi.

Komitmen yang dilakukan Pemkot Bekasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bekasi salah satunya dengan proses rekruitmen peserta didik melalui mekanisme PPDB online. (jonder sihotang)