Paulinho
Paulinho. (foto istimewa)

Gelandang Brasil Kembali Perkuat Klub China

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Gelandang Brasil, Paulinho, kembali bergabung dengan klub China, Guangzhou Evergrande, setelah semusim membela jawara La Liga 2017/2018 Barcelona.

Mantan gelandang Tottenham Hotspur itu diikat dalam status pinjaman. “FC Barcelona dan Guangzhou Evergrande telah mencapai kesepakatan untuk transfer pinjaman Paulinho Bezerra selama satu musim, dengan opsi pembelian wajib untuk klub China,” demikian pernyataan Barcelona dalam laman resmi klub, Minggu (08/07/2018).

Paulinho, 29 tahun, mencetak sembilan gol dalam 49 penampilan untuk tim Catalan setelah menandatangani kesepakatan kepindahan senilai 40 juta euro (Rp651 miliar) pada Agustus lalu. Paulinho membantu Barcelona memenangkan gelar La Liga dan Copa del Rey.

Semula banyak yang meragukan kapabilitas Paulinho saat didatangkan Barcelona dari China. Apalagi Paulinho yang membela Tottenham pada 2013–2015, gagal menunjukkan kualitasnya bersama klub London utara tersebut. Paulinho tidak mendapat tempat utama, tampil 45 kali dengan sumbangan enam gol.

Tapi, gelandang Brasil itu membalikkan prediksi, dan terbukti dia membantu Barca merebut trofi La Liga dan Copa del Rey. Nilai pasar Sosok kelahiran Sao Paulo, 25 Juli 1988, itu juga meningkat tiga kali lipat.

Saat di Corinthians, nilainya hanya 15 juta euro (Rp244 miliar), dan tiba di Barcelona harganya melonjak menjadi 40 juta euro.

Paulinho menjadi bagian skuat Piala Dunia Brasil di Rusia 2018, mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Serbia pada fase penyisihan grup. Brasil tersingkir di babak 18 besar setelah kalah 1-2 di Kazan Arena, 7 Juli.(BM/ist)