Rekor Dunia di Piala Dunia

JAKARTA (IndependensI.com) – Piala Dunia 2018 belum lama berlalu, dengan Prancis keluar sebagai juara. Banyak catatan menarik dari turnamen sepakbola yang digelar di Rusia itu. Guinness World Records merilis daftar rekor baru yang tercipta.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Pemain Tertua Bikin Hat-trick

Penggemar sepakbola sudah melihat aksi menarik sejak awal turnamen yaitu pada duel Spanyol melawan Portugal. Spanyol nyaris menang sebelum Cristiano Ronaldo mencetak gol penyeimbang untuk Portugal sekitar tiga menit jelang laga usai.

Gol dari tendangan bebas itu tidak hanya meluputkan Portugal dari kekalahan tapi juga memberinya hat-trick. Ronaldo, yang berusia 33 tahun, tercatat sebagai pemain tertua yang bisa mencetak tiga gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia.

 

Negara Terkecil

Kroasia menuai pujian karena mampu lolos ke partai final meski tidak diunggulkan. Banyak yang menyebutnya luar biasa untuk negara yang jumlah penduduknya hanya sekitar 4,1 juta jiwa.

Tapi Kroasia sama sekali bukan negara terkecil di turnamen ini. Rekor tersebut dipegang Islandia, yang jumlah penduduknya hanya sekitar 330.000 jiwa.

Untuk menggambarkan betapa sedikitnya penduduk Islandia, seluruh populasi negara itu bisa ditampung di seluruh stadion tuan rumah di Rusia, dan masih ada kira-kira 250.000 bangku tersisa.

 

Gol Bunuh Diri Terbanyak

Piala Dunia 2018 bikin rekor baru yang agak kurang mengenakkan. Dari total 169 gol tercipta sepanjang 14 Juni-15 Juli 2018, sebanyak 12 di antaranya adalah gol bunuh diri, yang merupakan rekor baru di Piala Dunia.

Rusia cukup apes dengan dua gol bunuh diri. Sebaliknya, sang juara dunia Prancis menjadi tim yang beruntung karena dua gol bunuh diri yang dicetak lawannya. Salah satu dari gol itu dihasilkan pemain bintang Kroasia, Mario Mandzukic, yang tercatat sebagai pemain pertama bikin gol bunuh diri di final Piala Dunia.

 

Pencetak Gol Debutan Tertua

Panama memang jadi bulan-bulanan. Mereka mengakhiri penampilannya di Piala Dunia 2018 sebagai juru kunci grup, tanpa poin, dan defisit sembilan gol.

Tapi ada satu catatan yang bisa dibanggakan yaitu pemain tertua yang mencetak gol dalam debutnya di Piala Dunia. Felipe Baloy berusia 37 tahun, 120 hari ketika Panama dihajar Inggris 1-6.

 

Pemain Debutan Tertua

Baloy bolah membanggakan diri sebagai pemain tertua yang mampu bikin gol di Piala Dunia pertamanya. Tapi dia masih kalah tua dibanding kiper Mesir, Essam El Hadary.

Di usianya yang sudah 45 tahun, El Hadary menjadi pemain tertua di Piala Dunia ketika memperkuat Mesir melawan Arab Saudi di penyisihan grup. Dia dua tahun dibanding rekor sebelumnya.

Mesir kalah pada pertandingan itu – dan kemudian tersingkir – tapi El Hadary berhasil menggagalkan satu eksekusi penalti. Pertandingan itu menjadi yang pertama buat dia di Piala Dunia sekaligus mungkin yang terakhir.