Pameran Indonesia Dalam Perhelatan Dunia

JAKARTA (IndependensI.com) – Staff Ahli kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer (kanan) didampingi  Pelukis assembling IKJ (Institut Kesenian Jakarta) Syahnagra Ismail (kedua kanan) saat menandatangani pembukaan pameran dengan tema “Indonesia Dalam Perhelatan Dunia” di Balai Budaya, Jakarta, Sabtu (18/8/2108).

Balai Budaya Jakarta menggelar pameran karya seni rupa untuk menyambut HUT RI ke 73 dan pesta olahraga terbesar se-Asia yakni Asian Games.

sejumlah pengujung melihat pameran

Pameran yang diselenggarakan dari tanggal 18 sampai dengan 25 Agustus 2018 ini menampilkan hasil karya – karya seniman – seniman besar asal Jakarta.

Ketua Balai Budaya Jakarta, Syahnagra Ismaill mengungkapkan, pameran ‘Indonesia Dalam Perhelatan Dunia’ merupakan sebuah ekspresi seniman dalam menyambut kegembiraan dan suka cita kemerdekaan.

“Pameran ini merupakan sebuah keterbukaan yang merespon kehidupan menjadi kebebasan artistik sebuah kebudayaan,” ujar Syahnagra.

Pengunjung sedang melihat pameran

Tak hanya itu, lanjut dia, pameran ini juga digelar untuk memperingati sebuah persatuan, rasa damai dan sejahtera. Sebab, inilah cita- cita kemerdekaan yang sesungguhnya.

“Terlebih lagi peringatan kemerdekaan tahun ini juga berbarengan dengan peristiwa Asia Games sebuah Abang yang banyak melibatkan banyak negara dan para olahragawan,” imbuh dia.

Pengunjung melihat pameran

“Dan bagi para seniman ini adalah anugerah dari Tuhan yang maha seda yang harus disambut dengan kegembiraan bahwa pada akhirnya Indonesia menjadi bagian penting dunia,” tambah dia.

Syahnagra melanjutkan, digelarnya pameran ini juga untuk memperingati sejarah panjang yang dimiliki Balai Budaya Jakarta.

“Kita diberikan keyakinan oleh Pidato Mochamad Yamin yang meresmikan Balai Budaya kala itu pada 1954 bahwa betapa pentingnya kebudayaan sebagai fondasi pemikiran,” jelas dia.