Jonatan Christie. (Istimewa)

Tim Putra Menuju Semifinal

JAKARTA (IndependensI.com) – Kemenangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto atas Manu Attri/Sumeeth Reddy di partai keempat bulutangkis beregu Asian Games 2018, Senin (20/8/2018), membuat tim putra Indonesia memastikan tiket semifinal. Fajar/Rian menang dua game langsung dengan skor 21-14, 21-18. Angka pertama diraih Indonesia lewat kemenangan Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Srikanth Kidambi, dengan skor 23-21, 20-22, 21-10. Di partai kedua, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghentikan perlawanan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dengan skor 19-21, 21-19, 21-16.

Sayangnya Jonatan Christie belum berhasil menyumbang kemenangan bagi tim putra Indonesia. Ia harus menelan kekalahan dari pertarungan melawan Prannoy H.S, dengan skor 15-21, 21-19, 19-21. Saat tertinggal di kedudukan 15-18 di game kedua, Prannoy mengalami masalah pada engkel kanannya saat bertumpu mengambil bola di sudut kanan belakang lapangan. Namun tampaknya ini tidak mempengaruhi penampilan pemain rangking 11 dunia tersebut. “Saya minta maaf belum bisa menyumbang angka buat Indonesia. Sebenarnya tadi tim sudah memimpin 2-0. Lawan lebih siap, saya sudah mengeluarkan semua permainan saya, cuma ada beberapa stroke yang salah di poin-poin penting,” kata Jonatan seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

Sementara itu, Fajar/Rian mengaku senang bisa menyumbang angka bagi tim putra. Meskipun di awal permainan mereka masih beradaptasi dengan lawan yang baru pertama kali dihadapi mereka. Mereka juga mengaku kagum dan bangga bisa berlaga di event sekelas Asian Games. “Di awal kami masih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan, arah anginnya beda-beda. Kami juga baru pertama kali bertemu lawan, belum tahu kelemahan dan kelebihan mereka,” kata Fajar. “Tadi banyak bola-bola yang sebetulnya gampang, tetapi tidak bisa kami matikan. Ini menjadi pelajaran, jangan sampai besok terjadi lagi hal seperti ini,” tambah Rian.

Di babak semifinal, tim putra Indonesia akan bertemu dengan Jepang. Begitu pun tim putri yang juga akan berhadapan dengan tim Negeri Sakura. Tim putri akan bertanding lebih dulu pada pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan tim putra pada pukul 18.00 WIB.