Timnas Soft Tenis Indonesia. (Istimewa)

Soft Tenis Indonesia Optimistis

PALEMBANG (IndependensI.com) – Kubu tuan rumah Indonesia menyambut gembira hasil undian soft tenis yang berlangsung dalam acara technical meeting di Jakabaring Tennis Center Palembang, Senin (27/8/2018). “Ini hasil undian yang menggembirakan, khususnya di nomor tunggal putra yang menjadi incaran tim Indonesia untuk menyabet medali pertama soft tenis Asian Games 2018 ini. Kami beruntung, setidaknya wakil Indonesia terhindar dari peserta unggulan pada babak awal,” ucap Manager tim Hendri Susilo Pramono seperti dikutip dari rilis PP Pesti.

Pada nomor tunggal putra yang akan mulai bergulir mulai Selasa (28/8), Indonesia menampilkan dua pemain yaitu Prima Simpatiaji dan Alexander Elbert Sie. Prima berada dalam Grup F, bersaing dengan Bolortuya Enkhjin dari Mongolia dan Khan Eibab Sarwar Hussain asal Pakistan. Sedangkan Elbert tergabung dalam Grup G bersama Douem Samsocheaphearun (Kamboja), Le Phuoc Vinh (Vietnam) dan Vannasak Somxay (Laos).

“Kami optimistis, Prima dan Elbert mampu melewati babak penyisihan grup,” tutur Ferly Montolalu, pelatih putra Indonesia. Nomor tunggal putra soft tenis Asian Games 2018 diikuti 26 peserta yang terbagi dalam delapan grup. Setiap pemain akan bertanding round robin atau setengah kompetisi untuk menentukan juara grup yang berhak melaju ke babak perempat final. Bila skenario mulus sebagai juara Grup F, Prima akan menghadapi pemuncak Grup E yang diisi oleh Uayporn Sorrachet (Thailand), Kann Sophorn (Kamboja) dan Meena Jay (India). Sedangkan Elbert yang memimpin Grup G bakal berjibaku dengan juara Grup H yang terdiri dari Joseph Arcilla (Filipina), So Je Il (Korea Utara) dan Leampriboon Chaiwit (Thailand).

Pada nomor tunggal putri, tim Merah Putih diwakili oleh Dwi Rahayu Pitri dan Dede Tari Kusrini yang akan bersaing dengan 24 peserta lainnya. Dede bergabung di Grup D bersama Kim Jiyeon (Korea Selatan) dan Rin Sotheary (Kamboja). Sedangkan Dwi menghuni Grup H yang berisi Namita Seth (India) dan Meth Mariyan (Kamboja). “Dari hasil undian tersebut, kami yakin salah satu diantara pemain putri Merah Putih mampu melaju hingga semi final tunggal,” tutur pelatih tim putri tuan rumah, Gularso.

Nomor tunggal, baik putra maupun putri, sepanjang Selasa (28/8), bakal menggelar babak round robin penyisihan grup hingga fase knock-out babak perempat final. “Bagaimana pun itu semua masih hitungan di atas kertas. Kami minta
pemain tetap fokus untuk memenangi tiap pertarungan di atas lapangan,” imbuh Hendri.