Satuan Polisi Wanita (Polwan)
Satuan Polisi Wanita (Polwan). (foto istimewa)

Komitmen Polwan untuk Terus Berprestasi Diharapkan Meningkat

JAKARTA (IndependensI.com) – Istri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Iriana Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Satuan Polisi Wanita (Polwan).

Upacara tersebut digelar di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018) pagi. Selain Ibu Negara, kegiatan ini dihadiri Mufidah Jusuf Kalla, istri Wakil Presiden JK.

Sementara anggota Kabinet Kerja yang hadir didominasi para perempuan yang menjabat sebagai menteri. Di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise.

Upacara HUT ke-70 Polwan ini menampilkan kebolehan para polisi wanita. Terdapat peragaan kolosal yang menunjukkan kemahiran polwan dalam mengendarai motor besar, bela diri tangan kosong, kolone senapan, dan marching band.

Melalui aksi-aksi yang cukup ekstrem itu, seluruh tamu undangan dibuat takjub dengan keberanian para polwan. Dalam upacara ini, Wakapolda Kalimantan Barat Brigadir Jenderal Sri Handayani dipercaya bertugas sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Brigjen Sri Handayani menyampaikan kepada 2.000 polwan yang hadir. Personel dibagi menjadi 10 batalion yang merupakan gabungan dari polwan, wanita TNI, ASN perempuan pada Polri, perempuan Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan pramuka.

“Selaku pimpinan Polri, saya ucapkan dirgahayu ke-70 kepada polwan di seluruh Indonesia. Di usia yang ke-70 ini, komitmen polwan untuk terus berprestasi diharapkan dapat terus meningkat,” kata Brigjen Sri.

Di ulang tahun ke-70 ini, sambung dia, polwan akan siap menyukseskan penanganan ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibnas). Acara diakhiri pemberian penghargaan kepada polwan yang dinilai berprestasi.(BM/ist)