Acara Foto bersama ,Jajaran Dandim0205/TK dan Kepala BNN Karo

BNNK Lakukan Tes Urine Anggota Kodim 0205 Tanah Karo

KARO (IndependensI.com) – Untuk mencegah penggunaan narkoba di kalangan prajurit,  Kodim 0205/TK bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karo menggelar kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta tes urine di Aula Makodim 0205/TK , Rabu (5/9/2018).

Penyuluhan dan sosialisasi tersebut diikuti oleh para perwira dan staf, Danramil, serta Bintara dan Tamtama Kodim 0205/TK beserta Koramil jajarannya. Kegiatan sosialisasi diisi Kepala BNNK AKBP Heppi Karo Karo yang menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Dalam sambutannya Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE mengatakan bahwa penyuluhan/sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) ini dilaksanakan mengingat pada saat ini di Indonesia sudah termasuk dalam kategori darurat narkoba. Karena itu, pemerintah sudah menyatakan perang terhadap masalah narkoba ini.

Dandim pun menyampaikan kepada Kepala BNNK  bahwa dirinya selalu ingat pesan Presiden RI Pertama Sukarno yang pernah mengatakan , kasih sama saya 10 pemuda biar saya guncang dunia ini. Dari gagasan itulah saya sangat bersikeras untuk melawan narkoba ini . “Jadi saya mohon kepada BNNK kalau ada anggota saya yang terlibat dengan narkoba  silahkan saja dilaporkan. Tida ada ampun bagi prajurit yang terlibat narkoba,”ucap Dandim.

Untuk mengantisipasi peredaran serta penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Prajurit Kodim 0205/TK, Dandim mengatakan, perlu diadakan kegiatan penyuluhan narkoba serta pengecekan urine secara acak. “Jika dalam cek urine nanti terdapat prajurit yang terbukti positif memakai narkoba maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

Setelah Sosialisasi serta penyuluhan bahaya narkoba, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan urine terhadap 20 orang prajurit. Adapun Prajurit yang diambil sampel urinenya dipilih secara acak dan dari hasil pengecekan urin tersebut tidak ditemukan adanya prajurit yang terindikasi menggunakan narkoba,” tuturnya. (Daris Kaban)