Sigifredo Camacho sedang menyeket wajah Toto BS, sketser Indonesia, yang namanya tidak asing lagi. (Foto Dokumentasi)

Melukis Bersama untuk Korban Bencana

JAKARTA (IndependensI.com) – Sebanyak 40 perupa dari berbagai komunitas yang tersebar di Jabodetabek,  Karawang,  Bandung dan sekitarnya tampil on the spot dalam event melukis bersama Sigifredo Camacho – pelukis ternama dari Equador – bertempat di Museum Seni Rupa dan Keramik,  Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Kedutaan Equador, Museum Seni Rupa dan Keramik, Komunitas Museum Seni Rupa yang didukung oleh Komunitas Seni Sanggar Garajas, Kolcai, Coffee Painter, Indonesian Sketser, Artmedia dan Ejoybook tersebut dalam rangka peduli korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Berbagai macam corak, gaya, pilihan warna, ukuran kanvas serta objek yang dilukis oleh para perupa tersebut, akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan kepada korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala, yang mengundang empati dan simpati masyarakat internasional tersebut.

“Lelang dilaksanakan pada 7 sampai 21 Oktober di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta. Lukisan hasil melukis on the spot bersama Sigifredo Camacho dipamerkan setiap hari kerja,  kecuali Senin tutup,” ujar May Soebijakto alias si Toto dalam pesan elektronik yang dikirim ke IndependensI.com.

Toto BS membuat sketsa wajah Dubes Equador untuk Indonesia.

Pelukis senior dari Sanggar Garajas tersebut menambahkan bahwa lukisan Sigifredo Camacho terbaru, yang tercipta dalam kegiatan melukis bersama tersebut, juga termasuk lukisan yang dilelang.

Sigifredo Camacho selama berada di Indonesia tidak hanya melukis bersama dengan empat puluh perupa yang berasal dari Jabodetabek, Karawang, Bandung dan sekitarnya, karena pelukis dari Equador tersebut juga memberi workshop melukis kepada anak-anak Sekolah Dasar yang berasal dari beberapa SD di lima wilayah Pemda DKI.

Anak-anak SD yang mengikuti workshop.

Tapi, menurut si Toto, lukisan hasil karya anak-anak SD tersebut tidak ikut dilelang dalam lelang lukisan yang bertajuk MEMBELI = MENDONASI, MEMBANTU KORBAN BENCANA PALU.

“Lukisan adik-adik akan diseleksi terlebih dulu untuk diikutsertakan dalam event khusus untuk anak-anak pada waktu mendatang,” May Soebijakto (si Toto)  memungkasi keterangan kepada IndependensI.com. (Toto Prawoto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *