Suasana jumpa pers sebelum ajang Blibli.com Superliga Junior 2018 digelar, Senin (15/10/2018). (Istimewa)

Superliga Junior: Ajang Uji Kemampuan Pemain Muda

JAKARTA (IndependensI.com) – Bulutangkis merupakan cabang olahraga kebanggaan bangsa yang berhasil membawa nama harum nama Indonesia ke mancanegara. Sejumlah prestasi yang diraih atlet badminton telah menempatkan Indonesia di berbagai kejuaraan bulu tangkis bergengsi dunia mulai dari Olimpiade, Piala Sudirman, Piala Thomas, Piala Uber, All England, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF.

Mal online pertama dan terbesar di Indonesia Blibli.com menyadari peran pembinaan klub dan kompetisi menjadi upaya regenerasi penerus prestasi di dunia bulutangkis Indonesia. Sebagai e-commerce asli Indonesia, Blibli.com mendukung dunia olahraga badminton tanah air dengan menggelar Blibli.com Superliga Junior 2018, suatu kejuaraan bulutangkis nasional beregu antar klub dan dibatasi untuk kelompok umur U17 & U-19, berlangsung di gedung GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah 16-21 Oktober 2018.

Kali ini, sebanyak 13 klub bulutangkis terbaik siap bersaing untuk memperebutkan piala bergengsi dari dua kategori usia yaitu U17 dan U19 baik putra maupun putri. Sistim ini akan menggunakan format kejuaraan Thomas Cup dan Uber Cup. Setiap tim terdiri dari 10 pemain putra dan 10 pemain putri. Turnamen ini diperuntukan para pemain muda klub sebelum mereka bertanding di tingkat Superliga Badminton. Pada kategori U19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk U19 Putra dan Piala Susy Susanti untuk U19 Putri. Sementara itu, perubahan nama piala terjadi di kategori U17. Jika pada tahun sebelumnya piala yang diperebutkan ialah Piala Superliga Junior, tahun ini penyelenggara mengabadikan nama Hariyanto Arbi sebagai piala untuk U17 Putra dan Yuni Kartika untuk U17 Putri.

Ketua Panitia Pelaksana, Lius Pongoh mengatakan, diselenggarakannya turnamen Blibli.com Superliga 2018 akan menjadi salah satu wahana pengasahan kemampuan atlet muda. “Kami berharap turnamen ini menjadi ajang mengasah para pemain muda yang bisa mengharumkan nama Indonesia ke depannya. Selain mengasah kemampuan,dalam pertandingan beregu pemain harus mampu menahan ego serta mengasah solidaritas antar timnya untuk memenangkan pertandingan,” ujar Lius seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Senin (15/10/2018).

Yang menarik, persaingan ketat nampaknya bakal semakin terasa dengan hadirnya kembali klub-klub dari mancanegara. Di kategori U19, klub-klub yang akan menurunkan atlet-atlet muda terbaiknya ialah PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, FIFA Sidoarjo, Keelung High School (China Taipei), Granular (Thailand), SCG (Thailand) dan Badminton Association of India (India). Sedangkan pada kategori U17, terdapat delapan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, Sarwendah Badminton Club, Daihatsu Candra Wijaya Badminton Club, SGS PLN, dan Suryanaga Wima.

Ketua Umum PP PBSI Wiranto menyambut baik diselenggarakannya Blibli.com Superliga Junior 2018 yang akan menjadi ajang untuk mengasah mental para pebulutangkis muda Indonesia, mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi tidak hanya berasal dari negeri sendiri, tapi juga dari mancanegara. “Kompetisi ini merupakan langkah yang sangat baik untuk membangun generasi bulu tangkis Indonesia di masa depan. Seperti yang kita ketahui, menjadi atlet bulu tangkis itu tidak bisa instan. Liem Swie King dan Susy Susanti juga harus berjuang dari kecil sampai akhirnya bisa menjadi juara di pentas bulu tangkis dunia. Semoga nilai-nilai seperti spirit dan semangat pantang menyerah ini bisa melekat di jiwa atlet-atlet muda kita,” tutur Wiranto.

Blibli.com Superliga Junior 2018 menjanjikan total hadiah sebesar Rp 610 juta. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara Rp 100 juta, peringkat kedua sebesar Rp 50 juta, dan peringkat tiga bersama Rp 25 juta. Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan Piala Yuni Kartika akan mendapatkan hadiah sebagai juara Rp 50 juta, peringkat dua Rp 25 juta, dan peringkat tiga bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.

Kejuaraan Blibli.com Superliga Junior ini merupakan komitmen Blibli.com untuk memajukan prestasi bulutangkis Indonesia. Setelah sukses dalam pelaksanaan Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017, maka untuk ketiga kalinya Blibli.com menjadi sponsor utama ajang Superliga Junior. Lani Rahayu selaku Senior Marcom & PR Manager Blibli.com mengatakan, Blibli.com selalu bersemangat mengambil bagian dalam kegiatan positif yang melibatkan generasi muda, salah satunya melalui event olahraga bulutangkis seperti Blibli.com Superliga Junior 2018.

“Bulutangkis seakan tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Berbagai prestasi dunia terus mengalir dari bulutangkis, maka melalui Blibli.com Superliga Junior 2018, kami optimis para pebulutangkis muda Indonesia dapat semakin mengasah kemampuan mereka dan akan menjadi penerus tongkat estafet prestasi bulutangkis Indonesia,” ujar Lani.

Manajer tim PB Djarum, Fung Permadi berharap pencapaian tahun ini bisa menyamai target tahun lalu, dengan mampu mengirim semua wakil ke partai final. “Memang peluang besar untuk bisa meraih piala lagi ada di sektor U19 putra. Namun karena ada tim-tim baru dari luar negeri, jadi kami juga belum mengetahui secara pasti peta kekuatan mereka,” ujar Manajer tim PB Djarum, Fung Permadi. Bagi para pecinta Bulutangkis yang tidak dapat menyaksikan secara langsung pertandingan Blibli.com Superliga 2018 ini dapat menyaksikan pertandingannya melalui live streaming di website www.djarumbadminton.com