Leno Ambil Peran Kiper Utama di Arsenal
Bernd Leno. (foto istimewa)

Leno Ambil Peran Kiper Utama di Arsenal

JAKARTA (Independensi.com) – Pelatih Arsenal, Unai Emery, akan menurunkan penjaga gawang senior Petr Cech sebagai starter saat melawan Blackpool pada putaran keempat Piala Liga Inggris 2018/2019 atau Piala Carabao di Emritaes Satdium, Rabu (31/10/2018) malam waktu lokal atau Kamis (1/11/2018) pukul 02.45 WIB.

Cech absen selama hampir satu bulan karena cedera hamstring. Cedera Cech membuka jalan Bernd Leno untuk mengambil peran sebagai kiper utama setelah hanya duduk di bangku cadangan pada awal musim lalu.

Leno mengawal gawang Arsenal saat ditahan 2-2 di markas Crystal Palace pada laga Liga Primer, Minggu (28/10/2018), ketika Cech kembali di bangku cadangan untuk pertama kalinya. Emery telah mengungkapkan keputusan yang menunjukkan bahwa Bernd Leno akan dipertahankan tempatnya sebagai kiper Nomor 1 di Liga Primer.

Sebelum Cech cedera, Emery hanya menggunakan Leno di ajang piala (bukan liga). Namun, keputusan Emery untuk memainkan Cech melawan Blackpool menunjukkan bahwa peran tersebut mungkin akan ditukar.

Banyak yang menilai Leno lebih cocok dengan gaya Emery yang membangun serangan dari belakang. Sedangkan kemampuan Cech, 36 tahun, untuk bermain dengan kakinya telah dipertanyakan selama beberapa pekan pertama musim ini.

“Dalam setiap saat momen di setiap pertandingan, kami akan memberikan kesempatan kepada kiper untuk membantu kami,” kata Emery dilansir ESPN. “Kami ingin setiap penjaga gawang punya kepercayaan diri. Kini, Petr Cech akan starter di pertandingan melawan Blackpool, setelah kembali dari cedera.”

Selain Cech, Emery juga memberi kesempatan pemain muda seperti Emile Smith-Rowe sebagai starter. Pemain Akademi Smith-Rowe, Eddie Nketiah, Joe Willock, dan Julio Pleguezuelo juga ambil bagian dalam sesi latihan tim, Selasa (30/10/2018). Beberapa pemain senior diistirahatkan menjelang pertandingan kandang melawan Liverpool di Liga Primer, Sabtu (3/11/2018).

“Kami akan memilih 18 pemain untuk pertandingan Blackpool, para pemain muda juga. Kami akan mencampur untuk mendapatkan performa terbaik melawan Blackpool, untuk menghormati mereka,” kata Emery.

“Hal terpenting bagi pemain muda adalah untuk waspada setiap hari di sesi pelatihan. Mereka perlu menggunakan contoh pemain yang berpengalaman, bagaimana mereka maju, dan belajar dari mereka.”(budi/ist)