KNKT Sudah Kantongi Data Penerbangan Lion Air JT 610

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengkalim sudah mengantongi data salah satu dari black box (kotak hitam), yaitu Flight Data Recorder (FDR), yang sudah berhasil diunduh pada Minggu 4 November 2018.

“Di dalam silinder kuning berisi memory chip data-data penerbangan. Kemarin telah berhasil kami unduh dengan baik,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (5/11/2018).

Dia menjelaskan data-data tersebut berisi kecepatan pesawat, ketinggian pesawat, putaran temperatur, posisi kendali penerbangan (flight control), kemudi pesawat di kokpit dan bidang-bidang kemudi di pesawat. Menurutnya, kotak hitam berisi 69 jam penerbangan dengan 19 penerbangan.

“Kami tidak mengatakan adanya kesulitan tapi tantangan bagaimana kita melewati semua alhamdulillah data-data sudah kami simpan,” katanya.

Saat ini, Soerjanto mengatakan pihaknya masih berkonsentrasi mencari kotak hitam kedua, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merekam percakapan suara di dalam kokpit serta percakapan dengan awak kabin.

“Jika belum ditemukan CVR, dengan data yang ada, kami akan berusaha semaksimal mungkin menemukan penyebabnya,” katanya.

Untuk keperluan investigasi, Soerjanto mengaku pihaknya mendapat bantuan dari Amerika Serikat (AS), Singapura, Australia, dan Arab Saudi.