Remaja Mabuk Air Rebusan Pembalut Wanita juga Terjadi di Jakarta dan Jawa Barat

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) Badan Narkotika Nasional (BNN) memastikan, kasus remaja yamg mabuk menggunakan air rebusan pembalut wanita tidak hanya terjadi di Jawa Tengah. Kasus semacam ini juga banyak terjadi di Jawa Barat dan Jakarta. Oleh karen itu BNN akan terus mendalami kasus ini agar tidak kembali terulang.

“Kami memang menerima informasi itu, memang tidak hanya di Jawa Tengah. Tapi di Jawa Barat dan sekitar Jakarta kita juga menemukan. Bahwa ada anak muda kita yang menggunakan kain pembalut wanita yang direbus, kemudian airnya diminum untuk bahan pengganti narkoba. Namun ini masih dalam pendalaman kita,” kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari di Kantor BNN, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

“Di Karawang, Bekasi dan Jakarta Timur kita dapatkan informasi,” tambah Arman lebih rinci.

Fenomena ini dilakukan oleh remaja. Arman mengatakan para remaja itu menganggap ada bahan-bahan psikoaktif di dalam pembalut.

“Menurut mereka pembalut wanita di dalamnya, mengandung bahan-bahan psikoaktif mungkin sebagai pengawet atau bahan yang lain. Tapi ini tentu masih diperlukan pendalaman dan pemeriksaan laboratorium,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pembalut sebenarnya adalah barang yang legal beredar di masyarakat. Oleh sebab itu, BNN masih mengaji apakah ada aspek pelanggaran hukum di fenomena ini atau masuk kategori ketidaksengajaan.

“Kalau di situ ternyata ada pelanggaran hukum atau memang di situ ada ketidaksengajaan, nah itu berbeda cara penanganannya. Kalau di situ pelanggaran hukum yang memang betul sudah ada undang-undang yang mengatur, kita akan lakukan penegakan hukum sesuai dengan aturan. Kalau itu ketidaksengajaan atau ketidaktahuan, barang kali nanti kita akan lebih pencegahan,” papar Arman.