Varanyu Rattanaphiboonkij

Varanyu Mendominasi Combiphar Players Championship

JAKARTA (IndependensI.com) – Pegolf Thailand, Varanyu Rattanaphiboonkij, berhasil menuntaskan ambisinya untuk melengkapi kemenangan Asian Development Tour (ADT). Varanyu memimpin leaderboard dari putaran pertama hingga akhir untuk kedua kalinya musim ini dalam Combiphar Players Championship yang berhadiAsah total US$100.000 pada Jumat (9/11/2018).

Varanyu, yang juga memimpin dari awal hingga akhir putaran ketika mengukir gelar ADT pertamanya pada Mei, menutup putaran akhir dengan dua-under-par 70 dan mengumpulkan skor total 15-under-par (273), menang dengan satu pukulan atas Janne Kaske (Finlandia) di New Kuta Golf in Bali.

Varanyu yang berusia 21-tahun menjadi pegolf pertama yang memenangi lebih dari satu kali dalam sirkuit sekunder regional musim ini, menyusul kemenangannya di turnamen kedua terakhir dalam musim 2018.

Kemenangannya ini, dengan membawa pulang hadiah uang sebesar US$17,500, akan mendongrak posisi Varanyu ke posisi kedua dalam Order of Merit ADT dan meraih satu dari tujuh kartu Asian Tour yang tersedia untuk musim 2019.

“Ini luar biasa. Saya baru mendaftar untuk Asian Tour Qualifying School dua minggu lalu dan sekarang saya mendapat kartunya melalui ADT! I piker saya tidak memiliki kesempatan setelah sembilan hole pertama karena saya satu-over dan Janne tiga -under,” kata Varanyu.

“Tetapi saya mengatakan pada diri saya untuk tetap bermain dan melakukan yang terbaik. Ada bagusnya saya bermain dengan Donlaphatchai. Saya merasa lebih rileks karena ada pegolf Thailand lain yang bermain dalam satu grup. Ini sedikit menenangkan saya,” ujarnya.

Setelah mengalami defisit dengan satu birdie melawan dua bogey yang menghasilkan skor 37 (sembilan hole pertama), Varanyu membalikkan keadaan dengan tiga birdie pada hole 10, 14 dan 15 sebelum melakukan beberapa par penting di hole-hole akhir.

“Saya membuat putt par panjang dari jarak 4 meter di 16 dan saya melakukan pukulan bagus dari area yang sulit ke green, hanya 1,5 meter ke pin, untuk membuat par di hole 17 par 4. Lalu, di hole 18, saya melakukan dua putt untuk menang,” tambah Varanyu, yang beralih ke profesional  pada 2015.

Kaske, juara dua kali di Asian Tour, membukukan skor 70 untuk mengambil posisi runner up, sedangkan pegolf AS Justin De Los Santos yang tertinggal lima pukulan dari Varanyu, berada di posisi ketiga usai mencetak skor 68. Di belakangnya, Shariffuddin Ariffin dari Malaysia yang membuat skor 70 dengan total 279, menempati posisi keempat dengan selisih satu pukulan dari Justin.

Miguel Carballo (Argentina) belum tergoyahkan di puncak Order of Merit ADT musim ini dengan US$41,713, sedangkan Varanyu yang berada di posisi kedua membuntutinya dengan US$8,290. Nitithorn Thippong (Thailand), yang gagal lolos cut minggu ini, tergusur ke posisi ketiga.

Meski gagal meraih gelar, peringkat Kaske naik ke posisi keempat dalam money list (daftar pendapatan), berkat posisi runner-up-nya di Combiphar. Han Lee dari Amerika Serikat, Mathiam Keyser (Afrika Selatan) dan Itthipat Buranatanyarat (Thailand) masing-masing menempati posisi kelima, keenam dan ketujuh.

Semua turnamen ADT menyediakan poin Official World Golf Ranking (OWGR). Varanyu akan menerima enam poin OWGR points, sedangkan enam pegolf teratas dan ties akan mendapatkan poin  berdasarkan posisinya.

ADT musim 2018 akan mencapai puncaknya di PGM Maybank Championship, yang akan digelar di Saujana Golf & Country Club, Malaysia, dari 28 November hingga 1 Desember.

 

Hasil Teratas Putaran Keempat:

273 – Varanyu Rattanaphiboonkij (THA) 67 67 69 70

274 – Janne Kaske (FIN) 71 64 69 70

278 – Justin De Los Santos (USA) 73 67 70 68

279 – Shahriffuddin Ariffin (MAS) 71 70 68 70

280 – Josh Salah (USA) 72 68 69 71, Donlaphatchai Niyomchon (THA) 71 70 68 71