Jennifer Lopez (JLo)
Jennifer Lopez (JLo). (foto istimewa)

Jennifer Lopez Dapat Bayaran Fantastis di Doha

JAKARTA (IndependensI.com) – Penyanyi dan juga bintang Hollywood, Jennifer Lopez (JLo), membuat kejutan lantaran bayarannya yang fantastis saat diundang menyanyi ke Doha, Qatar, pekan lalu.

Pelantun lagu On The Floor ini mendapatkan bayaran USD2 juta (Rp29,22 miliar) untuk tampil selama 20 menit dalam pembukaan Doha Festival City Mall di Doha. Bahkan, ada pengeluaran tambahan senilai USD1 juta bagi JLo, panggilan tenar Jennifer Lopez. Itu termasuk sesi tanya jawab dalam festival tersebut.

Dalam penampilan selama 20 menit JLo menyanyikan lagu Block, Let’s Get Loud, On the Floor, dan Waiting for Tonight. Penampilannya sangat meriah karena didampingi tim penari dan tata panggung yang menawan. Dia menghibur 650 tamu undangan bersamaan dengan gala dinner di Moonstone Ballroom of Mondrian Doha pada 8 November lalu.

“Sungguh suatu penghormatan JLo bergabung dengan perayaan pembukaan mal ini,” ujar May Marzooq, manajer pemasaran Doha Festival City, di lansir The Peninsula Qatar. Dia mengatakan ingin menghadirkan pengalaman baru dan unik bagi pelanggan.

JLo memang memukau dan ramah terhadap para penggemarnya. Ketenarannya sebagai penyanyi dan bintang film papan atas Hollywood membuatnya digandrungi masyarakat dunia. Melansir TMZ, JLo menerima foto bersama dengan para penggemarnya.

Dalam kesempatan tersebut pemeran film Second Act (2018) juga menyinggung tentang hak-hak perempuan, yang memang masih menjadi isu besar di kawasan Timur Tengah Selain itu, superstar yang kini berusia 49 tahun tersebut juga dilaporkan akan menerima USD1,2 juta (Rp17,5 miliar) untuk penampilan berikutnya pada pekan depan.

Pihak pengundang, Qatar Airways, yang menjadikan JLo sebagai bintang tamu pada pesta yang digelar di Dolby Studio di Los Angeles. Sumber TMZ menyatakan, bayaran USD1,2 juta adalah tawaran bagi Qatar, tetapi masih dinegosiasikan.

Jika Qatar Airways mengundang banyak tamu pada acara tersebut, jumlah bayaran bisa saja akan ditingkatkan.

Pertunjukan di Qatar itu bukan pertama kali bagi JLo mendapatkan bayaran mahal. Dia pernah dibayar USD5 juta untuk tampil pada pernikahan Said Gutseriyev dan Khadija Uzhakhovs. Ya, pesta pernikahan mewah putra pengusaha minyak, batu bara, dan perbankan Rusia, Mikhail Gutseriyev, itu dilangsungkan pada Maret 2016. Pada Juni 2013 JLo juga pernah dibayar USD1,5 juta untuk tampil pada pesta ulang tahun Presiden Turkmenis tan Gurbanguly Berdimuhamedow.

Namun, akhirnya dia meminta maaf atas penam pilannya itu karena dia tak tahu Berdimuhamedow kerap melanggar hak asasi manusia (HAM). JLo saat ini memiliki satu pertunjukan kompetisi, yakni World of Dance. Dia juga memiliki endorsement dan beberapa produk minyak wangi.

Dalam suatu kesempatan, JLo mengungkapkan hidup itu harus seimbang. Dia menyinggung tentang kemampuan seorang selebritas yang harus memiliki keahlian ganda. Itu akan menunjang performa mereka.

“Saya tidak memahami kenapa kamu tidak menjadi aktris, penyanyi, dan penari yang baik,” kata ibu dua anak itu. Dia mengungkapkan, dalam dunia bisnis hiburan, banyak orang tidak bisa melucu tetapi bisa menjadi aktris yang dramatis.

“Oke. Beberapa orang tidak bisa melakukan keduanya. Tapi, jika bisa, biarkan mereka,” ujarnya.

Tak hanya JLo, sejumlah selebritas dunia juga memiliki pendapatan yang tinggi. Misalnya, tur U2 bertajuk Experience+Innocence yang berakhir di Berlin pekan ini berhasil mengantongi penghasilan mencapai USD126 juta dan menjual 927.034 tiket.

Band asal Irlan dia itu menjadi grup musik dengan penghasilan tur terbanyak sepanjang 2018 versi Pollstar. Tur dengan 59 pertunjukkan di 30 arena didukung dengan lagu baru yang berjudul “Songs of Experience” (2017). Tur U2 ini merupakan rangkaian konser yang digelar selama tiga tahun dan dimulai sejak 2015, diawali dengan rilis album 2014 “Songs of Innocence”; konser peringatan 30 tahun album Joshua Tree pada 2016.

Jika tur tersebut ditotal, penghasilan U2 mencapai USD 594 juta dari 4,9 juga tiket yang terjual. Hal menarik, pendiri brand kosmetik Kylie Cosmetics, Kylie Jenner, menjadi perempuan dengan penghasilan tertinggi versi Forbes senilai USD 166,5 juta. Namanya pun berjejer dengan selebritas seperti Ed Sheeran yang meraih USD 100 juta, dan Coldplay dengan USD115,5 juta.

Sementara itu, Britney Spears mendapatkan pemasukan sekitar USD507.000 setiap pertunjukkan dan menjadikan dia sebagai artis dengan bayaran tinggi di Kota Las Vegas. Dia harus bersaing dengan Celine Dion yang akan tinggal di Las Vegas dan kerap menerima bayaran USD476.000 perpertunjukan.

Melansir National Enquirer, Celine Dion berharap dengan tinggal di Las Vegas bayaran untuk penampilannya di kota tersebut akan meningkat. “Celine berpikir dengan berpindah kota akan memberikan kesempatan kenaikan tarif pertunjukan. Dia juga khawatir tidak akan bertambah tarifnya,” kata sumber dalam Celine Dion.

Hal yang unik, sembilan tahun setelah tiada pun Michael Jackson masih menjadi selebritas yang sudah meninggal dunia dengan bayaran tertinggi. Mendiang Raja Pop itu meraih USD 400 juta sepanjang tahun lalu. Sebagian besar dari royalti penjualan album musiknya dari EMI Music Publishing.

Melansir Forbes, penghasilan tambahan bagi Michael Jackson adalah kesepakatan rekaman terbaru dengan Sony dan proyek pertunjukan musik Halloween versi Michael Jackson. Penghasilan tersebut 10 kali lebih besar dibandingkan dengan Elvis Presley dengan USD40 juta. Presley berhasil menjual lebih dari satu juta album setiap tahun.(budi/ist)