Pasca Kecelakaan, Kemenhub Minta Lion Air Benahi SDM dan Tingkatkan SOP

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Semadi mengatakan, kementeriannya sudah menyelesaikan audit khusus terhadap Lion Air pascakecelakaan penerbangan pesawat dengan nomor penerbangan JT-610, di perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018 lalu.

Budi menjelaskan, berdasarkan hasil audit tersebut secara eksplisit mendesak pihak Lion Air untuk membenahi kualitas sumber daya manusianya. “Intinya berkaitan dengan peningkatan SDM dan upaya meningkatkan SOP,” kata Budi Karya di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Budi Karya menjelaskan, hasil audit tidak seluruhnya diberikan kepada Lion. Ada beberapa analisa yang juga diberikan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Sebab, ada beberapa rekomendasi yang harus diserahkan kepada KNKT untuk ditindaklanjuti lebih jauh. Utamanya yang berkaitan dengan tindak lanjut atas jatuhnya pesawat JT-610.

“Ini sifatnya tidak pada pesawat yang berkejadian. Kalau pada pesawat yang berkejadian itu kami menunggu dari KNKT. Audit yang kami lakukan itu dalam satu rangkaian, dalam satu kegiatan. Jadi tidak meneliti atas pesawat yang jatuh,” tegasnya.