Sandiaga : Hukuman Terhadap Koruptor Belum Menimbulkan Efek Jera

JAKARTA (IndependensI.com) – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengatakan, saat ini putusan hukum terhadap koruptor di Indonesia belum menimbulkan efek jera. “Ya belum menimbulkan (efek jera) karena kayaknya setiap minggu ada parade-parade baru. Dan buat saya, ini buat koreksi,” kata Sandiaga di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).

Pasangan Capres Prabowo Subianto ini kemudian membahas kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah. Menurutnya, korupsi yang dilakukan kepala daerah ada hubungannya dengan modal politik. “Biasanya siklusnya ingin maju menjadi kepala daerah, nggak punya uang pinjem, dipinjemin, terus untuk membayar utangnya melakukan korupsi,” katanya.

Mantan Wagub DKI itu menilai harus ada pencegahan sejak dini. Misalnya, kata Sandiaga, dengan mengurangi atau pembatasan pembiayaan politik. “Nah gimana, apakah yang menjadi masalah adalah majunya mesti membayar atau biaya politiknya yang harus kita kurangi? Nah, ini adalah bagian daripada kebijakan publik,” ujarnya.

“Apakah untuk mencalonkan diri itu misalnya harus dibiayai, atau kalau mau biaya itu dibatasai, berapa. Nah seperti itu yang akhirnya nanti kita harapkan ada pencegahan korupsi. Jadi nggak terulang lagi,” katanya lagi.