Pabrik Kereta Api Terbesar di Indonesia Dibangun Pertengan Desember 2018

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan, pabrik kereta terbesar di Indonesia akan dibangun pertengahan Desember 2018. Pabrik tersebut berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini akan beroperasi pada awal tahun 2020. “Targetnya pabrik dapat beroperasi pada awal 2020,” katanya, dalam siaran pers, Sabtu (8/12/2018).

Budi melanjutkan, pabrik ini menjadi terbesar karena dibangun pada lahan seluas 83 hektar. Sementara, pabrik kereta INKA di Madiun yang ada saat ini hanya seluas 22 hektar.  Pabrik baru tersebut juga akan memproduksi kereta lebih banyak yakni 3 gerbong sehari, atau lebih banyak dari pabrik yang ada saat ini sebanyak 1 gerbong.

Pembangunan pabrik akan menelan dana sebanyak Rp 1,6 triliun. Saat ini, tengah berlangsung pemilihan kontraktor pembangunan. “Saat ini kami sedang proses teknis penunjukan kontraktor pelaksana pembangunan. Ya kurang-lebih seminggu ke depan selesai,” kata Budi.

Lebih lanjut, pabrik ini memiliki lokasi strategis karena berdekatan dengan pelabuhan. Sehingga, memudahkan pengiriman ke luar negeri.  “Lokasi pabrik ini sangat strategis. Dekat dengan Pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola PT Pelindo III, lebih menyingkat waktu pengiriman ke luar negeri,” ujarnya.

One comment

Comments are closed.