Ilustrasi. (Dok/Ist)

Juara Kejurnas 2018 Magang di Pelatnas Cipayung

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memberikan kesempatan para juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bulutangkis 2018 untuk magang di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Cipayung, Jakarta Timur selama enam bulan.

“Kejuaraan Nasional 2018 ini sebagai puncak penilaian sekaligus evaluasi pembinaan atlet baik pusat maupun daerah. Kami berharap pengurus daerah menyiapkan data atlet mereka berbasis teknologi informasi sebagai bahan keikutsertaan kejurnas,” kata Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta seperti dikutip dari Antara, Senin (17/12/2018).

Sedangkan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susi Susanti mengatakan, kesempatan magang di pelatnas Cipayung diberikan kepada setiap juara kategori taruna divisi I. “Hanya yang meraih gelar juara yang mendapatkan kesempatan magang di pelatnas PBSI. Kejuaraan ini menjadi ajang penting bagi pemain muda dari semua pemain klub,” kata Susi.

Selain peraih gelar juara kategori taruna divisi I, Susy mengatakan, kesempatan magang juga diberikan kepada juara kategori taruna divisi II yang berisi pemain-pemain dari luar pulau Jawa. “Kami akan memantau perkembangan atlet-atlet muda yang magang di pelatnas PBSI dari sisi kesehatan fisik, teknik, disiplin, ataupun karakter mereka,” kata Susi tentang penilaian akhir terhadap atlet-atlet muda yang magang di pelatnas PBSI.

Kejuaraan Nasional PBSI 2018 terbagi dalam dua divisi yaitu Divisi I yang terdiri dari klub-klub yang memberikan kontribusi atletnya dalam pelatnas serta klub yang menjadi juara pada divisi II dalam Kejuaraan Nasional 2017. Klub-klub bulutangkis yang masuk Divisi I antara lain Jaya Raya Jakarta, Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, SGS PLN Bandung, Exist Jakarta, Berkat Abadi Banjar Baru, dan PBAD Bandung.

Pada kategori perorangan taruna, atlet-atlet yang masuk Divisi I adalah atlet-atlet dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kemudian, pertandingan beregu campuran dewasa Divisi II akan mempertandingkan sembilan klub bulu tangkis yaitu Banda Baru Batam, Menang Kalah Sehat Singaraja, Elang Yogyakarta, Tunas Jaya Kasturi Jambi, Kamajaya Merangin, Sentra Banjarmasin, Jaya Raya Satria Sleman, PBSI Pangkalpinang, dan Icli Gowata Sungguminasa.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas PBSI 2018 Achmad Budiharto mengatakan, pertandingan Divisi I akan berlangsung di Britama Arena Kelapa Gading, sedangkan pertandingan Divisi II akan berlangsung di GOR Tanjung Priok pada 18-22 Desember. “Kami menjual tiket secara langsung untuk penonton yang akan melihat pertandingan Divisi I di Britama Arena. Sedangkan pertandingan di GOR Tanjung Priok dibuka gratis bagi umum,” kata Budiharto.

Panitia Pelaksana, menurut Budiharto, masih menyesuaikan arah angin dari pendingin ruangan di Britama Arena sehingga mendukung penampilan maksimal dari para atlet yang bertanding. Harga tiket pertandingan Kejurnas PBSI 2018 di Britama Arena pada 18-20 Desember adalah Rp50.000. Sedangkan harga tiket pada 21-22 Desember sebesar Rp75.000 untuk kelas reguler dan Rp150.000 untuk kelas VIP.