Ignasius Jonan

Menteri ESDM Minta Listrik Segera Pulih di Wilayah yang Terdampak Tsunami Selat Sunda

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM dan PT PLN (Persero) segera disiagakan untuk membantu pemulihan serta memperbaiki kondisi kelistrikan di wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda, seperti di Pandeglang Banten dan Lampung.

“Saya instruksikan agar 17 Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas,” kata Jonan dalam keterangannya, Senin (24/12/2018).

Jonan mengatakan, pemulihan kelistrikan menjadi prioritas utama. Dia meminta agar Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dibagikan sambil menunggu listrik pulih.

“Tim PT PLN segera pulihkan kondisi ketenagalistrikan, termasuk Provinsi Lampung serta pulau-pulau terpencil, juga bekerja sama dengan Ditjen EBTKE untuk pendistribusian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Ditjen Ketenagalistrikan. Sementara Badan Geologi terus suplai data dan informasi tentang vulkanologi ke BMKG dan instansi Pemerintah terkait,” jelas Jonan.

Sebagaimana diketahui, tsunami di Selat Sunda terjadi pada Sabtu malam. Tsunami ini tidak disertai gempa bumi.

ERT Siaga Bencana ESDM langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu pemulihan. Tim yang telah tiba di lokasi segera melakukan pemantauan dan melihat dampak yang ditimbulkan tsunami agar dapat mengetahui bantuan apa yang menjadi prioritas.