KPU : Debat Cawapres Tetap Berjalan 6 Segmen

JAKARTA (IndependensI.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan debat ketiga pilpres berlangsung dalam enam segmen. Masing-masing kandidat calon wakil presiden (cawapres) diberikan waktu menyampaikan visi-misi pada segmen pertama.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan secara garis besar pengaturan segmen dalam debat ketiga tetap sama sebagaimana debat sebelumnya. “Tetap ada enam segmen dalam debat ketiga. Kemudian tata urutan segmentasi tetap sama. Yang mungkin berubah hanya durasi waktu untuk setiap segmen,” ujar Wahyu kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/3).

Menurut dia, durasi setiap segmen nantinya akan menyesuaikan kebutuhan waktu ideal untuk setiap segmen tersebut. Wahyu mencontohkan untuk segmen pemaparan visi dan misi waktunya bisa ditambah, dari semula tiga menit menjadi menit.

“Kemudian misalnya lagi closing statement yang semula tiga menit itu bisa ditambah waktunya menjadi empat menit. Kami sedang mengidentifikasi bersama TV penyelenggara masih ada waktu atau tidak (untuk menambah waktu dalam setiap segmen). Jika masih ada waktu kami tambah untuk perdebatan antar kandidat supaya lebih lama waktunya,” lanjut Wahyu.

Dia melanjutkan, debat ketiga nanti juga masih menggunakan pertanyaan dari panelis. KPU sudah memastikan ada sembilan orang panelis yang akan menyusun soal-soal untuk debat ketiga.

Para panelis ini berasal dari latarbelakang ahli pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Mereka dipilih  berdasarkan keilmuan dan keahlian sebagaimana isu yang diangkat dalam debat ketiga.

Wahyu mengatakan, seluruh pertanyaan untuk debat ketiga akan disampaikan dalam bentuk narasi. Artinya, tidak ada pertanyaan dalam bentuk video sebagaimana debat sebelumnya.

“Seluruh pertanyaan disampaikan dalam bentuk narasi. Pertanyaan ini akan disusun oleh panelis dalam beberapa hari ini. Ada focus group discussion (FGD) dalam penyusunan pertanyaan. Ini mekanisme terbaru yang kami pilih untuk memberi masukan kepada panelis dalam rangka memperkaya khazanah panelis menyusun materi,” ucapnya.

Debat ketiga pilpres akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Debat nanti akan membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan.

Debat tersebut akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ketiga ini akan disiarkan oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV.