Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat menyerahkan berbagai bantuan sarana perikanan-pertanian di Purbalingga, Jumat (15/3/2019)

Bamsoet Serahkan Bantuan Sarana Perikanan-Pertanian di Purbalingga

Loading

Jakarta (Independensi.com)
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo menyerahkan berbagai bantuan sarana bidang perikanan dan pertanian kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Dia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok tani. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan perikanan di Kabupaten Purbalingga.
“Sehingga pada gilirannya juga akan mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat,” ujar Bamsoet demikian biasa dia disapa saat penyerahan bantuan, di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jumat (15/3/2019).
Bantuan yang diserahkan untuk sarana perikanan antara lain 35 hektar sistem minapadi, 257.000 ekor benih ikan nila, 105.000 ekor benih ikan koi, 4.000 ekor calon induk ikan nila, satu paket biofok, 30.000 ekor benih ikan baung untuk restocking, 5 ton pakan ikan mandiri dan 3 unit chest freezer.
Sedangkan bantuan sarana pertanian terdiri dari 30 traktor roda dua, 10 cultivator, 20 pompa air, 5 power thresher, 5 corn sheller, dan 1 dryer UV.
Bamsoet pun menjelaskan dalam berbagai rapat kerja dengan pemerintah, DPR selalu mendukung alokasi anggaran Kementerian Pertanian serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. APBN 2019 telah mengalokasikan Rp 21,68 triliun untuk Kementan dan Rp 5,48 triliun untuk KKP.
Dikatakannya sebagai kementerian langsung berhubungan dengan masyarakat, DPR selalu memastikan agar Kementan dan KKP bisa memanfaatkan anggaran APBN 2019 untuk menggulirkan berbagai program bantuan kepada masyarakat.
“Penyerahan berbagai bantuan sarana bidang perikanan dan pertanian menjadi bukti nyata bahwa DPR RI dan pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat,” jelas Bamsoet.
Sebelum penyerahan bantuan Bamsoet melakukan panen ikan nila dengan sistem minapadi seluas 5 hektar. Panen dipusatkan di salah satu petak dengan nilai total produksi mencapai 1 ton, dengan ukuran panen 5-6 ekor/Kg.
“Selain menambah pendapatan, sistem minapadi yang mengintegrasikan pertanian dengan budidaya ikan nila juga bisa meningkatkan konsumsi protein masyarakat. Tak hanya di Kabupaten Purbalingga, program minapadi juga perlu ditingkatkan ke skala nasional. Tak perlu takut dengan anggaran, DPR RI dengan senang hati akan menyiapkan,” tegas Bamsoet.(MUJ)