Banyak Infrastruktur Selesai, Menhub Yakin Mudik Lebaran 2019 Berjalan Lancar

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku sangat optimistis arus mudik Lebaran 2019 dapat berjalan lancer. Hal itu disebabkan, sudah lebih banyak infrastruktur terbangun dibanding tahun sebelumnya. Kementerian dan pihak terkait lainnya pun sudah melakukan koordinasi guna mengamankan jalannya musim mudik 2019 yang sudah di depan mata.

“Alhamdulillah mudik ini Insya Allah akan lebih lancar dengan sudah dibangunnya banyak infrastruktur baik jalan tol maupun bandara,” kata Menhub Budi saat ditemui di Kawasan CFD, Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Menhub Budi menyampaikan, tahun ini isu keselamatan di jalan akan menjadi fokus utama saat musim mudik lebaran. Pemerintah sedari awal telah mempersiapkan segala sesuatu hal yang berkenaan dengan keselamatan pemudik.

“Sekarang ada isu baru yaitu bagaimana keselamatan itu harus dijaga, oleh karenanya saya minta kepada stakeholder untuk membuat perangkat-perangkat dini dan pengawasan bagi keselamatan ini,” jelasnya.

Secara khusus, Menhub Budi menghimbau pemudik agar tidak melakukan perjalanan terutama jarak jauh dengan menggunakan kendaraan roda dua sebab dinilai terlalu berisiko dan membahayakan.

Alternatif transportasi saat ini sudah beragam untuk dijadikan pilihan mudik. Selain itu, banyak BUMN maupun swasta yang menggelar program mudik gratis dapat menjadi alternatif pilihan untuk kembali ke kampung halaman.

“Kalau namanya motor itu kan gak bisa ujug-ujug saya stop, makanya saya menganjurkan bukan melarang, tapi menganjurkan,” tutupnya. (dny)